Jalani Hidup Sehat, Masyarakat cenderung Pilih Yoga

22
Salah satu aktivitas yoga yang dilakukan masyarakat di lapangan terbuka. (wid)

Denpasar (Bisnis Bali)- Aktivitas yoga kian menjadi pilihan masyarakat saat ini, dalam menjalankan gaya hidup sehat. Tidak hanya anak-anak yang mendapatkan pelatiham yoga di sekolah, orang dewasa bahkan ibu-ibu rumah tangga kian antusias terhadap kegiatan yang memadukan olahraga, olah nafas dan olah jiwa ini.

Salah seorang instruktur yoga, Ni Putu Erlina Partini, saat ditemui Selasa (7/11) kemarin mengatakan, semangat ibu-ibu rumah tangga sangat tinggi untuk melakukan latihan gerakan yoga. Demikian juga antusias anak-anak di sekolah sangat tinggi mengikuti yoga, yang saat ini beberapa sekolah swasta dikatakannya mulai memasukan yoga menjadi salah satu mata pelajaran. “Jika pagi saya mengajar yoga di salah satu sekolah swasta di Denpasar, dan itu sudah menjadi mata pelajaran wajib diikuti siswa,” ungkapnya.

Dalam pelatihan yoga, kata dia,  diberikan kepada ibu-ibu dilakukan pada sore hari. Dia mengatakan, yoga makin diminati dewasa ini, kerena akitivitas gerakan yang simple dan  tidak membutuhkan banyak tempat. “Yoga bisa dilakukan di rumah secara individu ataupun bersama-sama di lapangan terbuka. Peralatan juga tidak banyak dibutuhkan, hanya sekedar tikar atau matras sebagai alas,” katanya.

Teknik yang tidak saja menyehatkan secara jasmani, namun juga memberikan kesehatan rohani, membuat yoga menjadi pilihan masyarakat. Setiap gerakan yoga juga diimbangi dengan pengaturan nafas, yang memberikan kesehatan dari dalam serta mampu menyehatkan jiwa manusia.

Dengan demikian, dia mengatakan, saat ini tidak sedikit masyarakat yang meminta jasanya sebagai instruktur, mulai dari lokal hingga wisatwan yang berkunjung ke Bali. Termasuk juga anak-anak di sekolah hingga ibu-ibu di lingkungan masyarakat juga kerap memerlukan jasanya. (wid)