BIJI bunga matahari dapat diolah menjadi minyak yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Dengan begitu, kerap dimanfaatkan untuk berbagai produk spa dan kosmetik. Manfaat yang dimiliki minyak bunga matahari sebanding dengan harganya yang tinggi yaitu Rp 700 ribu per liter.

Biji bunga matahari bisa memproduksi minyak, yang diperoleh dengan cara pengekstrakan dari biji bunga matahari. Putu Eka Prasetya, pemilik Bali Eka Bali di Jalan Wibisana Denpasar menuturkan, minyak bunga matahari kaya akan beta-karoten dan vitamin A, vitamin E dan lemak sehat Omega 6. “Minyak bunga matahari ini kaya nutrisi sehingga tidak hanya digunakan sebagai bahan kosmetik, namun kerap dikonsumsi dan sangat baik untuk kesehatan,” tuturnya.

Untuk mengolah biji bunga matahari hingga menjadi satu liter minyak dibutuhkan sekitar 10 kg biji bunga matahari. Harga biji bunga matahari yang tinggi membuat harga minyaknya juga sangat tinggi. Karenanya, sangat sedikit masyarakat kita yang mengkonsumsi minyak biji matahari. “Harga yang tinggi dan minimnya pengetahuan tentang manfaat minyak bunga matahari, membuat masyarakat kita tidak banyak yang mengkonsumsi minyak bunga matahari. Minyak ini lebih banyak digunakan sebagai campuran dari bahan pembuatan kosmetik dan produk spa,” tukasnya.

Kalau dari segi kehidupan minyak bunga matahari ini mampu menekan kadar kolesterol jahat dalam darah, mencegah penyakit jantung atau stroke dan mencegah kanker. Selain itu kandungan vitamin E di dalam minyak bunga matahari  berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. “Vitamin E ini mampu menangkal paparan sinar UV dan  melancarkan proses regenerasi sel kulit. Kandungan vitamin C bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada sel-sel kulit yang sensitif akibat sinar ultraviolet,” tukasnya.

Minyak bunga matahari juga mengandung beta karoten yang berfungsi menangkal dan mengontrol radikal bebas yang dapat mencegah  kerusakan pada kulit, mencegah kulit terbakar dan mencegah kanker kulit akibat serangan radikal bebas. “Minyak bunga matahari, kerap digunakan sebagai campuran massage oil karena bisa membuat kulit menjadi lentur dan lembut, serta membantu mencegah terjadinya penuaan dini,” tandasnya. (pur)