Berlian, Batu Permata Termahal di Kelasnya Bidik Pasar Anak Muda  

32

Singaraja (Bisnis Bali) –  Berlian pada umumnya dipakai untuk mempercantik sebuah perhiasan. Salah satu jenis batu permata yang termahal di kelasnya ini, selain langka juga memiliki kilauan yang mampu menarik setiap pasang mata yang melihatnya. Tidak heran pangsa pasar berlian menembus pasar ekspor. Dari zaman ke zaman, peminat berlian dirasakan semakin mengalami perkembangan, dari berbagai kalangan elite bahkan, kini peminatnya hingga masyarakat lokal.

Penggunaan berlian cukup beragam, ada yang untuk investasi dipadankan dengan aksesori emas atau yang dipadankan dengan aksesori lainnya seperti anting dan cincin yang digunakaan setiap event penting. Sehingga tidak heran, perhiasan berlian masih menjadi daya tarik tersendiri di kalangan pecintanya dan masyarakat luas. Hal itu diungkapkan Guntur Mahardika ,S.H. owner Mutiara Koka Galeri di kawasan Penimbangan Singataja ketika di wawancarai Bisnis Bali, Selasa (7/11).

Ia menuturkan, pangsa pasar berlian ditahun ini cukup menggeliat dan bergairah. Hal itu dibuktikannya dari peminatnya yang beragam, dimana cenderung mendominasi dari kalangan anak muda. “Cenderung lebih banyak anak muda, bagi mereka permata mulia berlian sebagai aksesori yang harus dimiliki,”ungkapnya.

Guntur menambahkan, aksesori berlian dengan nominal mulai Rp 300.000, tergantung gradenya lebih diminati dibandingkan membeli aksesori sintetis. “Nominal itu sudah dapat aksesori langsung pakai, lengkap dengan berlian sesuai dengan gradenya, jadi kenapa harus beli yang sintetis,” tuturnya.

Selain itu, menurutnya, tidak sedikit pesanan berlian dari customer cenderung digunakan untuk mempercantik aksesori. Misalnya, untuk di Bali sendiri customer membeli beberapa pcs berlian untuk mempercantik giwang (subeng-red). Sehingga, menurutnya, berlian masih menjadi aksesori mewah dikelasnya. Bahkan, ditengah banyaknya persaingan, dirinya mengaku cukup dengan selalu update akan model terbaru untuk menarik minat konsumen. (ira)