I Made Warnita Peran Penting Medsos

21

PERKEMBANGAN teknologi informasi (TI) yang sangat pesat berpengaruh besar terhadap perkembangan situasi global dewasa ini. Hal itu dapat dibuktikan bahwa teknologi informasi mampu memberikan manfaat baik secara postifif maupun negatif terhadap setiap aspek kehidupan.

Tentu yang sudah lumrah dan populer di lingkungan masyarakat saat ini adalah media sosial (medsos), bahkan di zaman ini media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang khususnya dalam urusan bisnis dan pekerjaan yang lebih dimudahkan dalam mencari relasi. Perkembangan media sosial tentunya akan berdampak secara positif jika dikelola secara cermat.

Seperti yang dilakukan I Made Warnita, pria dari Dusun Kanginan, Desa Menyali, Kecamatan Sawan Singaraja yang sehari – harinya beraktivitas sebagai pemandu wisata tentu merasa dimudahkan dengan teknologi dan informasi yang sudah canggih. Bahkan tidak hanya itu, di tengah kesibukannya sebagai pemandu wisata, pria kelahiran Singaraja, 21 Juli 1968 ini juga memanfaatkan media sosial untuk berbagi cerita pendek yang sarat akan pesan moralnya dalam bentuk komik digital.

Menurutnya, bagaimana memerankan media sosial itu agar berguna tidak hanya untuk diri kita sendiri melainkan juga khalayak ramai. “Kalau kita perankan media sosial sebagai suatu alat yang bisa berguna demi kebaikan tentu akan berdampak baik. Begitu juga sebaliknya, sehingga dampak media sosial di zaman sekarang tergantung dari kita si pengguna,” tegas pria yang juga pemilik akun Punk Kwala Ngibur (PKN) ini.

Tidak tanggung-tanggung dirinya juga menciptakan komik yang berjudul Elingang – Elingang di mana di dalam komik tersebut berisi imbauan bagaimana menggunakan media sosial. Bagaimana perannya adalah bagaimana memerankannya. “Tidak hanya berdasarkan pengalaman pribadi, cerita masyarakat,  juga dari media sosial banyak yang bisa kita jadikan cerita khususnya cerita yang memberikan pesan tersendiri di kehidupan bermasyarakat, sehingga alangkah baiknya media sosial dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif agar berguna bagi banyak orang baik di-share kembali agar wawasan masyarakat makin luas khususnya di dalam kehidupan kita sehari-hari,” katanya. (ira)