Tabanan (Bisnis Bali) – Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya menghadiri upacara melaspas dan ikut serta Mulang Pedagingan di Pura Kahyangan Prajapati Tunon, Setra Dukuh, bertepatan di Purnama Kelima, Jumat (3/10) lalu. Kedatangan Wabup Sanjaya disambut oleh ibu-ibu PKK dari Banjar Dukuh, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan.

Wabup Sanjaya dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas semangat kerja keras dan gotong-royong masyarakat, khususnya di Desa Pakraman Dauh Peken. Ia sangat mengapresiasi bersatunya antara masyarakat tiga banjar yaitu, Banjar Dukuh, Banjar Dauh Pala-Pengabetan dan Banjar Tegal Belodan sehingga terjalin komunikasi yang baik.

“Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat yang hadir, terus pupuk semangat persatuan dalam hal apapun karena dengan bersatu, semuanya bisa dikomunikasikan dengan baik kepada pemerintah,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan setra Tunon Dukuh sangat penting artinya. Bahkan, keberadaannya sudah mencapai 38 tahun. Namun selama itu, belum pernah mendapatkan perbaikan.

“Kami di pemerintah daerah, saya khususnya dari Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, ini merupakan sebuah tanggung jawab selaku krama. Saya juga sangat bersyukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena tokoh masyarakat dengan suka cita, paras paros, segilik seguluk sebayan taka dengan rasa tulus ikhlas,” ujarnya.

Orang nomor dua di Kabupaten Tabanan ini menambahkan, ini merupakan pelestarian adat dan kebudayaan. ‘’Pekerjaan dewa yadnya ini belum selesai ini merupakan pekerjaan rumah agar bisa ngeteg linggih sampai selesai atau puput agar bisa diselesaikan 1 atau 2 tahun lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, I Putu Shata Guna dalam laporannya mengatakan, pura ini direhab total dengan pengerjaan selama tiga bulan. Sumber dana didapatkan dari dana hibah sebesar Rp 250 juta, iuran per kepala keluarga atau KK dan juga dana bantuan dari donatur.

Diharapkan 2018 pembangunan pura akan selesai seluruhnya. Hadir dalam acara tersebut, I Made Urip selaku DPR RI, Sekda Kabupaten Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa beserta istri, Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya, pimpinan OPD Kabupaten Tabanan dan anggota DPR Kabupaten Tabanan, perbekel se-Kecamatan Tabanan, hingga seluruh tokoh masyarakat. (man)