HUT Ke-8 Mangupura di Kutsel Dibuka Bentangan Busur Panah

43
istPANAH - Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa membentangkan panah sebagai tanda dibukanya secara resmi perayaan HUT Mangupura ke-8 di kecamatan Kuta Selatan, Sabtu (4/10) malam lalu

Mangupura (Bisnis Bali) – Dengan membentangkan busur panah bagaikan ksatria Pandawa, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka secara resmi perayaan HUT ke-8 Mangupura di Kecamatan Kuta Selatan, Sabtu (4/10) malam lalu. Dengan mengangkat tema Ayu Nir Sambakala HUT Mangupura yang dipusatkan di Amphitheater Tedung Jagat Gunung Payung Cultural Park dengan konsep pesta rakyat. Ikut hadir dalam acara tersebut beberapa kepala OPD di Pemkab Badung, Wakil Ketua DPRD Badung I Nyoman Kariana, Tripika kecamatan Kutsel, lurah dan perbekel se-Kecamatan Kutsel dan para tokoh bersama undangan lainnya yang berbaur bersama masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Suiasa kembali mengajak masyarakat Badung, khususnya Kuta Selatan untuk tetap menjalin persatuan dan saling berangkul tangan. Semangat tersebut dinilainya sangatlah penting dikuatkan untuk membangun Badung ke depan. Pihaknya juga berharap agar masyarakat Kuta Selatan senantiasa tetap menjaga dan memperkokoh adat seni dan budaya yang dimiliki yang bernafaskan agama Hindu serta melengkapi diri dengan kemampuan yang bisa meningkatkan kompetensi diri. Dengan begitu, adat dan budaya bisa tetap ajeg serta dapat bersaing di era globalisasi, tanpa tergerus budaya asing datang menggoda.

Dipaparkannya pula dalam HUT ke-8 Mangupura ini, Pemerintah Kabupaten Badung telah melakukan sejumlah program dan inovasi untuk kepentingan masyarakat. Program tersebut ada yang telah terealisasi, di antaranya pengobatan gratis, biaya berobat gratis, santunan penunggu pasien, santunan kematian, seragam gratis, laptop bagi siswa SD, penataan  lampu penerangan jalan, CCTV, URC, serta menuju Badung smart city, pemberdayaan masyarakat pesisir, sport center, parkir, penataan objek-objek wisata baru di Kabupaten Badung.

Sementara Camat Kuta Selatan, Made Widiana menerangkan, Ayu Nir Sambakala yang menjadi tema HUT ke-8 Mangupura di Kecamatan Kuta Selatan memiliki makna selajan dan harmonis sepanjang zaman. Tema tersebut diangkat dengan tujuan agar semua kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Kuta Selatan dapat memberikan manfaat yang besar untuk kehidupan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Kegiatan Hut Mangupura di Kuta Selatan sendiri berlangsung selama 2 hari dari tanggal 3-4 Nopember 2017.

Dipaparkannya berbagai kegiatan telah digelar untuk merayakan HUT ke-8 Mangupura,  di antaranya pameran produk UKM se-Kecamatan Kuta Selatan, kuliner, lomba mewarnai tingkat TK, lomba menggambar tingkat SD, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis serta jalan santai. Acara tersebut juga diisi hiburan berbagai hiburan, pagelaran tarian, band Joni Agung dan lawak Dadong Rerod. (sar).