Mangupura (Bisnis Bali) – Banyaknya hotel, bar serta bisnis lainnya yang menyediakan makanan dan minuman. Peluang ini menjadikan peran bartender sangat strategis. Bahkan, kualitas bartender Bali sangat diperhitungkan, sehingga tak sedikit yang bekerja di luar negeri seperti di kapal pesiar. “Ke depan karier bartender sangat menjanjikan, dan peluangnya menjanjikan. Terlebih lagi Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia, sehingga banyak hotel dan bar yang membutuhkan bartender,” ujar Chairman ABI (Asosiasi Bartender Indonesia) Bali, Bayu Hendra, di Kuta.

Untuk itu, pihaknya menggelar kompetisi bartenderBest of the Best” di Bali yang didukung Captain Morgan sebagai sponsor. Dalam kompetisi tersebut, menurut Bayu Hendra, akan ditetapkan tiga yang terbaik serta seorang “The Best Performance”. “Peserta yang mengikuti lomba seluruhnya ada 60, nanti kita saring lagi jadi 25 sebelum ditetapkan tiga terbaik dan satu the best performance,” jelasnya, seraya mengatakan, jumlah bartender di Bali terus meningkat. Di catatan ABI sendiri ada 375 bartender sebagai member.

Dikatakan Bayu Hendra, untuk menjadi seorang bartender tidak gampang dan memerlukan proses waktu yang cukup panjang. Sebab, bartender harus didukung knowledge yang memadai, juga memahami akan taste dan aroma. “Jadi bartender bukan hanya bisa meracik minuman, menyatukan minuman yang berbeda menjadi satu, juga harus bekerja dengan baik di belakang bar. Bartender ini harus pula menjaga kebersihan bar,” tambahnya. Terkait kompetisi itu sendiri, dikatakan, sebagai wadah untuk menampilkan yang terbaik, memelihara mental dan nantinya bisa mengisi peluang yang ada. “Pasalnya, kebutuhan akan bartender ini terus meningkat dan dari sisi karier sangat bagus,” ujar Bayu Hendra yang didampingi sejumlah rekannya. Ditanya soal kualitas, dikatakan, pihaknya terus meningkatkan kualitas bartender agar sesuai dengan standar. (aya)