Hibah Gong Barung untuk Pura Rempak Taman Sari Kapal

35
istHIBAH - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama anggota DPRD Badung I Nyoman Satria pada penyerahan hibah bertepatan dengan pujawali jelih Pura Rempak Taman Sari, Selasa (27/10) malam lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan hibah gong barung kepada pengempon Pura Rempak Taman Sari, Desa Adat Kapal, Kelurahan Kapal Mengwi, Rp 259 juta. Penyerahan hibah bertepatan dengan pujawali jelih Pura Rempak Taman Sari, Selasa (27/10) malam lalu.

Acara tersebut dihadiri anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra beserta Tripika Mengwi, Lurah Kapal Nyoman Sudiarta, Wakil Ketua DPC PDIP Badung I Bagus Alit Sucipta dan Bendesa Adat Kapal Ketut Darsana serta tokoh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa sangat mengapresiasi pelaksanaan pujawali Ida Betara di Pura Rempak Taman Sari. Bantuan ini diberikan sesuai dengan permohonan dari masyarakat pengempon pura untuk mendukung kegiatan keagamaan, serta mendorong eksistensi kebudayaan. Menurutnya, Pemkab Badung sangat berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan seni, adat, agama dan budaya di Badung. Untuk itu pemerintah senantiasa berada di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban dari masyarakat. “Kami harapkan melalui bantuan ini, meskipun kecil namun manfaatnya cukup besar untuk mendukung kegiatan keagamaan, terutamanya dalam pelestarian seni dan budaya,” terangnya.

Wakil Ketua Panitia Pura Rempak Taman Sari, Putu Andika melaporkan, pemaksan Pura Rempak Taman Sari kaempon tiga banjar yaitu Banjar Uma, Banjar Cepaka dan Banjar Celuk dengan jumlah 150 KK. Pujawali Ida Betara katurang upacara peregembal, bebangkit jangkep dan caru ayam lima, yang di-puput Ida Pedanda Babakan Padangaling Petang. “Ida Betara katuran pujawali jelih tiga tahun sekali, Ida Betara nyejer selama tiga hari mulai Selasa (17/10) sampai Jumat (20/10) dan malamnya Ida Betara kasineb,” katanya.

Atas nama krama pengempon pura, Putu Andika juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati dengan bantuan hibah Rp 259 juta yang sangat meringankan beban krama. Ia juga mengakui program PPNSB Pemkab Badung sudah banyak dirasakan masyarakat Kapal. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya bantuan yang telah diterima seperti mobil pecalang, dana aci serta dana pembangunan sekaligus dapat meringankan beban masyarakat. “Kami harapkan Wakil Bupati terus memberikan tuntunan serta bantuan untuk kelanjutan pembangunan di Desa Adat Kapal. Kami bersama masyarakat akan selalu siap mendukung program Bupati dan Wakil Bupati serta program dari Pemkab Badung,” imbuhnya. (ad 1.967)