Penilaian Lomba HKG KB Kesehatan Desa Pedawa Dinilai Tim Kabupaten

31
 Bupati Buleleng saat menghadiri penilaian lomba HKG KB Kesehatan tingkat Kabupaten Buleleng. (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Kabupaten Buleleng, merupakan cerminan adanya kesungguhan Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa, untuk ikut membantu mewujudkan keluarga sejahtera. Demikian diungkapkan Bupati Buleleng saat menghadiri penilaian lomba HKG KB Kesehatan tingkat Kabupaten Buleleng, Senin (16/10) lalu, di Gedung Serba Guna Desa Pedawa Kecamatan Banjar. Penilaian HKG KB Kes tingkat kabupaten ini bertujuan Satukan Langkah Bersama untuk Menuju Masyarakat yang Sehat dan Sejahtera.

Lebih lanjut Bupati PAS mengatakan, kegiatan lomba ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan PKK, khususnya dalam menyukseskan program KB dan pembangunan di bidang kesehatan. Pada dasarnya PKK dengan 10 program pokok telah dapat memberikan andil yang cukup berarti bagi kesuksesan dalam pelaksanaan Program KB maupun Program lain dibidang kesehatan.

“Dengan dukungan berbagai lintas sektoral, kegiatan ini menfokuskan pada kelompok swadaya masyarakat, PKK dan Instansi KB-Kesehatan di kelurahan, dengan para kader sebagai ujung tombak, serta keluarga sebagai focus sasaran utama. Kami juga sering melakukan sosialisasi mengenai kontrasepsi, kelompok BKB ( Bina Keluarga Balita) menjadi BKB Holistik, yaitu kelompok bina keluarga yang terintegrasi dengan PAUD dan Posyandu,” ujarnya.

Menurutnya, HKG KB Kes mempunyai arti dan peranan yang sangat besar dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejateraan  keluarga. “Banyak yang telah dicapai dalam meningkatkan program KB dan kesehatan di Buleleng, Namun kami pun menyadari bahwa masih ada keluarga yang masih rendah tingkat kesehatan dan kesejateraannya serta masih rendahnya keikutsertaan ber-KB,” ujarnya.

Sementara, Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Aries Suradnyana mengungkapkan, momen Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan ini merupakan salah satu wadah terbentuknya sinergitas program dan kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga antara PKK dengan pemerintah dalam mewujudkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

 “Kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan insitusi KB di kelurahan dengan kader-kadernya sebagai ujung tombak dan keluarga sebagai sasaran utamanya,” tandasnya. (ira)