Pasokan Aman, Harga Bumbu Dapur Stabil

42
salah seorang pedagang yang sedang menimbang cabai untuk melayani pembeli (wid)

Denpasar (Bisnis Bali) – Dua pekan jelang perayaan Galungan dan Kuningan, harga kebutuham pokok di pasaran masih relatif stabil, khususnya pada bumbu dapur. Hal ini dikarenakan pasokan di pasaran aman dan diharapkan tidak bergejolak mendekati hari raya nanti.

Salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Badung Cokroaminoto, Ni Ketut Murci, Senin (16/10) lalu mengatakan, kedatangan berbagai jenis bumbu dapur saat ini lancar. Dengan begitu, belum memberi pengaruh pada kenaikan harga jelang hari raya umat Hindu di Bali. Dia mengatakan, meskipun saat ini pasokan dari Bali khususnya  daerah Kintamani sedikit, namun ketersediaan ditopang dari Pulau Jawa, yang membuat harga masih aman. “Kalau nanti mendekati hari raya barang dari Jawa tidak ada, kemungkinan harga akan naik, karena permintaan melonjak,” ungkapnya.

Dijelaskannya, saat ini harga bumbu dapur seperti bawang merah masih Rp 15.000 per kilogram, bawang putih Rp 17.000 per kilogram dan cabai Rp 12.000 per kilogram. Dia berharap agar pasokan ini terus tersedia, sehingga harga tidak mengalami kenaikan mendekati hari raya nanti.

Senada dengan itu, pedagang bumbu dapur lainnya, Werdhi mengatakan, harga bumbu dapur masih stabil. Dia menjelaskan, harga bawang merah dijualnya saat ini Rp 15.000 per kilogram, bawang putih Rp 16.000 per kilogram dan cabai Rp 12.000 per kilogram.

Permintaan bumbu dapur pun saat ini, dikatakannya, masih normal, belum terjadi lonjakam atupun menurun. “Kalau kedatangan pasokan nantinya seperti sekarang, maka kecil kemungkinan barang akan naik. Kalaupun naik, tidak terlalu tinggi,” jelasnya.  (wid)