’’Job Fair’’ Ke-3  2017 Siap Digelar Libatkan 25 Perusahaan, Sediakan 20 Stan Expo Wirausaha Muda

112
PERTEMUAN TEKNIK - Kadis Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, IGA Rai Anom Suradi, saat memimpin pertemuan teknik Job Fair ke-3 tahun 2017 dengan melibatkan 25 perusahaan, di ruang pertemuan Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar, Selasa (17/10) kemarin.  (sta)       

Denpasar (Bisnis Bali) – Job Fair (bursa kerja) ke-3 tahun 2017 yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, di areal parkir utara Taman Kota Lumintang, Denpasar Utara, 19 – 21 Oktober mendatang, telah siap digelar. Dalam bursa kerja selama tiga hari itu, melibatkan 25 perusahaan dan 20 stan expo (pameran) wirausaha muda bekerja sama dengan Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan Job Fair yang menyediakan 1.001 lowongan pekerjaan dari 25 perusahaan yang terlibat ini, Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar pun mengadakan pertemuan teknik di ruang pertemuan Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar, Selasa (17/10), dengan mengundang 25 perusahaan tersebut, serta organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Denpasar.

Ke-25 perusahaan yang dilibatkan dalam Job Fair ke-3 tahun 2017 ini, yakni PT Armada Finance, PT BFI Finance Indonesia, Tbk., PT Asuransi Jiwa Sraya (Persero), PT Coca-Cola Distribution Indonesia, PT Rasyid Abadi Semesta, PT Bank Sinar Mas, Tbk., PT FIF Group, PT Arta Sedana Retailindo/Hardys, PT Bank Central Asia, Tbk., PT Bali Paradise Citra Dewata, PT Circle K Indonesia Utama, PT Sentral Retailindo Dewata, PT Catur Mitra Sejati Sentosa, Krisna Holding Company, PT Mandiri Utama Finance, PT Bank Danamon Indonesia, Tbk., PT Bestari Jaya, PT Adira Dinamika Multifinance, PT Cendana Indopearls, dan PT BPR Sri Artha Lestari.

Selain itu ada dari PT Borwita Citra Prima, PT Sinar Niaga Sejahtera (Garuda Food), PT Bintang Bali Indah, PT Sanidata Indonesia, dan PT Kanmo Retailindo.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, I Gusti Agung Rai Anom Suradi, mengatakan pertemuan teknik yang diakukan ini, untuk persiapan pelaksanaan Job Fair ke-3 tahun 2017 yang dikolaborasikan dengan Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar, yang menampilkan expo wirausaha muda.

 ‘’Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi dalam Job Fair ke-3 menampilkan 25 perusahaan, dan Bagian Perekonomian menampilkan 20 wirausaha muda,’’ kata Anom Suradi.

Dalam pertemuan teknik yang dilaksanakan ini, untuk mengingatkan kepada para peserta Job Fair yang wajib mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada, seperti kedisiplinan dalam pelaksanaan Job Fair, ikut serta dalam menjaga kebersihan stan, dan melaporkan tiap hari berapa jumlah pelamar yang melamar pekerjaan. Sedangkan khusus untuk satu bulan setelah pelaksanaan Job Fair, lanjut dia, perusahaan ini harus melaporkan berapa dari pelamar itu yang sudah direkrut sebagai karyawan dalam perusahaan setempat. ‘’Hai ini sangat penting, sehingga kejelasannya ada apa tujuan mereka mengikuti Job Fair yang betul-betul mencari tenaga kerja, dan jangan hanya sekadar ajang promosi saja,’’ ujarnya.

Dengan adanya Job Fair ini, diharapkan para pencari kerja ini bisa direkrut 40 sampai 60 persen, sehingga hal ini dapat membantu pemerintah dalam menekan pengangguran di Kota Denpasar. Selain itu, dalam pertemuan teknik ini juga diberikan informasi kepada perusahaan yang terlibat dalam Job Fair terkait sarana dan prasarana yang didapatkan. Sedangkan untuk tata letak stan dalam Job Fair, perusahaan-perusahaan yang mengambil sendiri nomor stan lewat undian supaya adil. ‘’Khusus untuk pelamar kerja dari penduduk Kota Denpasar, kami minta kepada perusahaan untuk mewajibkan mereka melampirkan AK 1 atau kartu kuning, sehingga kami tahu berapa pelamar kerja dari Denpasar. Hal ini sangat penting bagi kami untuk tahu jumlah tenaga kerja Denpasar kedepannya. Selain itu juga dari kartu kuning ini, kami telah menyiapkan stan dan petugas langsung selama Job Fair, dan bagi pelamar kerja Denpasar yang belum memiliki kartu kuning ini bisa mencari di stan yang disediakan dengan melampirkan ijazah terakhir dan fotocopi KK dan foto di tempat, dan ini gratis alias tidak bayar,’’ tandasnya. (ad 1.965)