Pelabuhan Benoa Siap Fasilitasi Wisatawan Jika Gunung Agung Erupsi  

21

Denpasar (Bisnis Bali) – Jika Gunung Agung mengalami erupsi, Pelabuhan Benoa sudah disiapkan sebagai jalur evakuasi. Presiden Direktur Pelindo III, Ari Askhara, Senin (16/10) mengatakan, fasilitas pelabuhan baik terminal domestik dan terminal internasional untuk mengevakuasi wisatawan menuju pelabuhan atau bandara terdekat dengan Bali.

Ia mengungkapkan, menyikapi peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Agung, Pelindo III telah berkoordinasi dengan Basarnas dan Kementerian Maritim. Ini untuk menyiapkan layanan gawat darurat ketika Gunung Agung mengalami erupsi.

Ia menjelaskan, Pelabuhan Benoa menyiapkan tempat untuk layanan evakuasi. Wisatawan dapat memanfaatkan transportasi laut melalui pelabuhan. Jika di Bali ada bencana gunung meletus, semua transportasi akan dilakukan lewat pelabuhan.

Ditegaskannya, dalam pemberian layanan evakuasi, Pelabuhan Benoa tidak menyiapkan kapal. Ini murni  hanya menyediakan fasilitas pelabuhan untuk evakuasi.

Menurutnya, armada untuk evakuasi akan disiapkan Basarnas dan Kementerian Perhubungan beserta Kementerian Sosial. “Fasilitas disediakan terminal domestik dan internasional sudah disiapkan untuk jalur evakuasi,” katanya.(kup)