Inovasi Produk, BPR Jajaki Sinergi Produk Asuransi

45

Denpasar (Bisnis Bali) – Dalam persaingan, bank perkrekditan rakyat (BPR) dituntut melakukan inovasi produk. Ketua DPD Perbarindo Bali, Ketut Wiratjana Jumat (13/10) mengatakan untuk menambah jenis produk, BPR bisa menjajaki kerja sama dengan asuransi.

Diungkapkannya, Perbarindo Bali sempat mengundang dua perusahaan asuransi bisa diajak kerja sama dengan BPR di Bali. Dengan mendengarkan keberadaan produk asuransi tersebut, BPR menjajaki kerja sama termasuk membuat produk yang dikerjasamakan dengan asuransi.
Ia menjelaskan produk yang dikerjasamakan dengan BPR dengan asuransi pertama untuk intern karyawan BPR. Jika aturan OJK memungkinkan, BPR bisa mensinergikan produk dengan asuransi untuk ditawarkan kepada para nasabah.
Dipaparkannya, untuk produk intern BPR salah satunya bisa dalam bentuk asuransi pensiunan. Ini termasuk asuransi pensiunan untuk direksi dan karyawan BPR.
Lebih lanjut dikatakannya, Perbarindo Bali mempersilahkan BPR bekerja sama dengan asuransi mana saja. Program-program asuransi memang perlu disosialisasikan kepada BPR di Bali.
Ditegaskannya, Perbarindo Bali sudah memediasi mengundang dua asuransi yang bisa memungkinkan di ajak kerja sama dengan  BPR. Momen tersebut diharapkan mendorong BPR bisa melakukan inovasi produk.
Menurutnya, produk tabungan mungkin saja bisa diasuransikan. Ini tergantung jenis asuransi yang akan dikerjasamakan BPR dengan asuransi.
Ia menilai asuransi merupakan tuntutan pasar ke depan. ” Sekarang tergantung kemampuan BPR bekerja sama dengan asuransi dalam mengkemas produk inovasi,” ucapnya. (kup)