Dari Fasilitasi Kegiatan Masyarakat, LPD Bedha juga Perhatikan Pendidikan

34

Tabanan (Bisnis Bali)- LPD Bedha yang terletak di Kabupaten Tabanan, terus berupaya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya desa pakraman. Mulai dari menunjang aktivitas keagamaan hingga memperhatikan dunia pendidikan, dengan memberikan beasiswa kepada anak berprestasi.

Kepala LPD Bedha, I Made Sunartha, saat ditemui, Jumat (13/10) kemarin mengatakan, beasiswa yang diberikan kepada siswa berprestasi ditujukan pada 16 sekolah yang ada di Desa Pakraman Bedha. Adapun total  biaya yang dianggarkan adalah sekitar Rp 28 juta per tahun. “Kami berikan beasiswa tersebut kepada anak yang mendapat juara 1,2 dan 3 di setiap sekolah. Dan, itu dimulai dari kelas 1 hingga 6 SD,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, tujuan diberikan beasiswa ini kepada anak-anak berprestasi, adalah untuk memotivasi belajar anak, agar kedepannya lebih giat dan terus menciptakan prestasi.

Selain memperhatikan dunia pendidikan, perhatian LPD Bedha kepada kegiatan di masyarakat juga sangat tinggi. Sunartha mengatakan, selama ini LPD Bedha selalu berupaya memfasilitasi kegiatan masyarakat. Seperti halnya penyelenggaraan piodalan (petirtan) di Pura Desa dan Puseh yang terus difasilitasi LPD.

“Khusus untuk petirtan di Pura Desa dan Puseh dari tahun ke tahun kami yang memfasilitasi. Adapun kami perkirakan itu anggaran yang kami habiskan mencapai Rp 250 juta per tahunnya,” ungkapnya.

Demikian juga upacara seperti ngaben, metatah hingga nyambutin yang digelar masyarakat secara massal, juga difasilitasi oleh LPD Bedha. Dijelaskannya, upacara massal tersebut digelar setiap 3 tahun sekali, LPD sendiri menganggarkan 50 persen dana sosial untuk keperluan upacara tersebut. “Jika untuk upacara massal ini, kami peruntukkan  50 persen dari dana sosial dan 50 persen lagi kami peruntukan untuk kegiatan lainnya yang seperti proposal dari masyarakat yang membutuhkan dana,” imbuhnya. (wid)