Jalin Hubungan Harmonis, BPR Tumbuh Bersama LKM

17
Direktur Utama BPR Desa Sanur Wayan Suartama

Denpasar (Bisnis Bali) – Keberadaan lembaga keuangan mikro (LKM) seperti LPD dan koperasi bukan menjadi pesaing BPR. Direktur Utama BPR Desa Sanur Wayan Suartama, Kamis (12/10) mengatakan dengan menjalin hubungan harmonis bank perkreditan rakyat (BPR) bisa tumbuh bersama LKM.

Diungkapkannya, BPR Desa Sanur bisa  menggaet nasabah berdasarkan komunitas. Ini baik nasabah dari tingkat banjar sampai tingkat desa. Ia menjelaskan BPR berupaya menggaet nasabah upaya pendekatan. Mereka diharapkan bisa menjadi nasabah existing BPR.

Dipaparkannya, untuk menggaet nasabah BPR bisa merangkul LKM seperti LPD dan koperasi. Dengan mengedepan fungsi keuangan, BPR, LPD, dan koperasi bisa berkembang bersama secara harmonis.
Suartama mencontohkan BPR Desa Sanur  tetap menjalin hubungan dengan tiga LPD dan beberapa Koperasi yang ada di wilayah Sanur. Dalam penghimpunan dana pihak (DPK) BPR LPD dan Koperasi sudah terjalin hubungan kerjasama dengan baik dan harmonis. ” Walau segmen pasar sama, BPR LPD dan Koperasi bisa bersama  mengelola dana masyarakat Sanur,” ucanya.

Menurutnya, pendekatan dengan nasabah menjadi prioritas BPR dalam hal memberikan pelayanan yang terbaik. Ini demi kenyamanan para nasabah yang telah mempercayakan transaksi keuangannya pada BPR Desa Sanur.
Nasabah existing menjadi perhatian khusus. Dalam momen tertentu seperti hari raya agama, BPR memberikan sovenir kepada para nasabah.
Ia menilai BPR wajib memberikan informasi tentang LPS kepada calon nasabah. Ini agar nasabah merasa nyaman karena dananya aman ditempatkan di BPR. BPR Desa Sanur salah satu contoh bank di Bali menjadi bank peserta LPS. (kup)