Bandung (Bisnis Bali) – Setelah melakukan sharing ke Pemkot Bandung melalui ajang Pekan Informasi Pembangunan (PIP) Badung 2017, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta memastikan akan segera membangun taman lansia. Taman ini nantinya akan menampung para lanjut usia yang ada di Badung.
Hal ini dikemukakannya sesuai melakukan sharing dengan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Kamis (12/10) kemarin. “Kami pastikan Badung segera memiliki taman lansia,” tegasnya.
Menurutnya, angka harapan hidup di Badung mencapai 70 tahun. Yang bisa melebihi umur tersebut, katanya, masuk kategori jompo dan merupakan sebuah prestasi sehingga perlu dihargai. Selain ditampung dan bisa memanfaatkan taman lansia sebagai tempat kegiatan, para jompo ini akan memperoleh gaji atau tunjangan. “Ini merupakan penghargaan kami kepada para jompo atau lansia di Badung,” tegas Bupati yang juga politisi PDI Perjuangan tersebut.
Ditanya mengenai fasilitas yang akan disediakan di taman lansia, Giri Prasta memastikan akan mencakup kebutuhan para lansia. Selain ada rumah, taman lansia juga akan dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang jelas sangat dibutuhkan para lansia yang dari sisi kesehatan sudah menurun.
Taman ini nantinya akan dilengkapi dengan kolam renang kecil serta petugas atau penanggung jawab. “Kami akan buat taman ini secara komprehensif,” ungkapnya.
Mengenai kapan dipastikan akan terealisasi, katanya, masih dilakukan kajian. Namun lokasinya sudah direncanakan di lokasi Pasar Latu Abiansemal.
Setelah melakukan sharing, Bupati bersama rombongan PIP Badung 2017 melakukan kunjungan ke taman lansia di Bandung. Taman ini terluhat sangat artistik dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung. Di antaranya patung dinosaurus, wifi, tempat charge handphone dan sebagainya. Tempat ini difunakan para lansia untuk melakukan kegiatan atau rutinitas.
Ditanya soal PD Kebersihan, Bupati menegaskan, Badung sudah merancang hokding company yang didalamnya ada PDAM, PD Pasar, pangan, dan sebagainya. Bisa saja nantinya masalah kebersihan aka  dikelola oleh perusahaan daerah. (adv)