Dinas Kebudayaan Tabanan Luncurkan Website Dharmagita

15
Dalam acara tersebut juga dilakukan sesi diskusi, di mana para undangan yang hadir juga memberikan masukan/saran.  (man)

Tabanan (Bisnis Bali) – Menindaklanjuti amanat Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yaitu mensosialisasikan warisan budaya yang ada agar diketahui keberadaannya oleh masyarakat luas, maka Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan berinovasi dengan meluncurkan ‘Website Dharmagita’ , Rabu (11/10), di Kantor Perbekel Dajan Peken Tabanan.

Kepala Dinas Kebudayaan I Gusti Ngurah Supanji mengatakan, peluncuran website ini tujuan utamannya juga sebagai media pelestarian adat, budaya dan kesenian daerah dan juga pembelajaran Dharmagita, khususnya bagi generasi muda. Karena saat ini minat generasi muda terhadap kesusastraan tembang atau Dharmagita ini mulai terkikis.

“Sehubungan dengan hal tersebut kami informasikan kepada peminat Dharmagita khususnya generasi muda yang ingin mempelajari atau  melestarikan kesusastraan ini dengan mengunjungi Website Dharmagita kami yakni, http://disbudpar.tabanankab.go.id/ dengan url http://disbudpar.tabanankab.go.id/berita/dharmagita-tabanan/,” jelasnya.

Dijelaskan dalam website tersebut terdapat beberapa konten, di antara konten video di mana para pengakses dapat menonton dan juga mendownload/mengunduh video tersebut.

“Konten tersebut antara lain; Wewalelan Taman Penasar, Nila-nilai filosofis dharmagita, Mantram Puja Trisandya, Sloka dan Palawakya, Sekar Agung, Sekar Madya, dan Sekar Alit,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Kelembagaan Adat Dinas Kebudayaan Tabanan, I Gusti Agung Putu Gede yang juga penggagas ide peluncuran website dharmagita menjelaskan dengan adanya website ini proses belajar dharmagita dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.

“Website ini bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Ini juga dapat menumbuhkembangkan minat baca bagi generasi muda,” ungkapnya.

Pihaknya juga menjelaskan sasaran dari website tersebut, untuk sasaran jangka pendek adalah 9 sekeha Teruna Desa Dajan Peken Tabanan sebagai sampel, sasaran jangka menengah adalah sekeha teruna tingkat Kecamatan se-Kabupaten Tababan, dan juga sasaran jangka panjang adalah sekeha teruna tingkat kabupaten. (man)