Bunga LPS Turun , BPR masih Berpeluang Garap Dana Murah

32

Denpasar (Bisnis Bali) – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menjamin dana masyarakat yang ditempatkan di bank perkreditan rakyat (BPR).Ketua DPK Perbarindo Kota Denpasar, Made Sumardhana, Rabu (11/10) mengatakan dengan penurunan bunga LPS BPR masih bisa optimal menggarap dana pihak ketiga (DPK).

Diungkapkaannya, BPR bisa mengaet dana murah dalam bentuk tabungan dengan manfaat kelebihan BPR dari penjaminan LPS. UU perbankan bank terdiri dari bank umum dan BPR. Bank umum dan BPR sama-sama dijamin LPS.
Ia menjelaskan LPS sudah menurunkan suku bunga penjaminan simpanan rupiah di bank umum turun dari 6,25 persen menjadi 6 persen. Sementara suku bunga penjaminan LPS  untuk BPR turun dari 8,75 persen menjadi 8,5 persen.

Komisaris BPR Pasar Umum ini memaparkan, masyarakat yang melakukan penempatan dana di BPR tentunya akan mendapatkan banyak kelebihan. Pernempatan dana dalam bentuk tabungan dan deposito di BPR mendapatkan penjaminan sampai Rp 2 miliar dari Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS).

Lebih lanjut dikatakannya, penempatan dana di BPR dengan ketentuan bunga LPS akan dijamin sampai Rp 2 miliar per nasabah. LPS memberikan penjaminan bunga di BPR sampai 8,5 persen. Sementara penjaminan bunga LPS di bank umum sampai  6 persen.  Menurutnya, penjaminan dengan suku bunga penjaminan LPS yang lebih tinggi menjadi nilai jual bagi BPR. Kelebihan penjaminan LPS ini bisa digunakan BPR menggaet dana murah khususnya dalam bentuk tabungan dari masyarakat dan sektor UMKM.  (kup)