Ajang Promosi IMEX, Geliatkan Wisata MICE

15
PROMOSI - Pemerintah dan "stakeholder" pariwisata Bali mengikuti promosi potensi MICE Indonesia di pameran MICE IMEX Las Vegas Amerika. (kup)

AMERIKA, Eropa, Australia, dan Asia Pasifik terdapat banyak perusahaan, asosiasi dunia, dan pemerintah bisa melakukan meeting, insentif dan konvensi di Bali. Sejauhmana ajang pameran MICE IMEX Las Vegas mampu menggeliatkan wisata MICE di Bali? Berikut laporannya.

Pemerintah pusat menargetkan pencapaian 20 juta wisatawan ke Indonesia 2019. Sektor MICE diharapkan bisa menopang pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali termasuk ke Indonesia.

Kadispar Bali, AA Gede Yuniartha Putra mengatakan, sedang berusaha untuk melakukan upaya promosi bagaimana agar MICE bisa mendongkrak agar target pemerintah tercapai. Bali tentu harus melihat peluang promosi melalui IMEX.

Ia menjelaskan, promosi melalui IMEX pelaku MICE dari berbagai negara menjadikan Bali sebagai daya tarik. Wisatawan MICE berkegiatan MICE karena fasilitas pariwisata yang dimiliki Bali.

Dipaparkannya, MICE ini menggerakkan di semua sektor pariwisata. Dengan begitu, kegiatan MICE di Bali khususnya ditangani secara profesional dan yang menangani pun harus orang yang bersertifikat.

Ia melihat pada kenyataannya kontribusi wisata MICE masih tergolong kecil ke Indonesia. Hanya saja, sektor MICE mempunyai dampak ekonomi devisa yang sangat besar.

Kegiatan MICE pada umumnya jumlah pesertanya biasanya dua kali lipat dan melibatkan semua sektor pariwisata. MICE melibatkan Hotel, restoran, tranportasi, dan pelaku wisata lainnya.

AA Gede Yuniartha Putra menegaskan, MICE bisa menggerakkan semua sektor pariwisata. Hal ini tentunya berdampak pada kesejahteraan masyarakat. “Kita berharap promosi IMEX ini mempunyai dampak terhadap MICE di Bali pada khususnya,” katanya.

Ketua INCCA Bali, IB. Surakusuma mengatakan, Bali memiliki peluang menggarap pasar MICE terbesar baik meeting, konvensi dan incentive. Pasar MICE ini mesti digaet melalui promosi seperti melalui ajang pameran MICE IMEX Las Vegas.

Ia melihat pasar Amerika, Eropa, Asia Pasifik termasuk Australia terdapat banyak asosiasi dunia, perusahaan, dan pemerintah bisa melakukan konvensi di Bali. Pasar MICE tersebut bisa memanfaatkan fasilitas meeting dan konvensi di Nusa Dua.  (kup)