Yoga Jadi Solusi Terbaik “Lawan” Kanker?

21
instruktur yoga anjasmara (aya)

MENDERITA kanker bukanlah hal yang mudah, sangat mungkin jika pikiran seseorang menjadi runyam, bising dan stres. Dengan semua kebisingan yang terjadi di dalam kepala, menjadi penting untuk menciptakan ruang dengan menenangkan pikiran. Untuk itu, melakukan yoga adalah solusi terbaik. Hal itu diungkapkan instruktur yoga sekaligus artis terkenal, Anjasmara, di BNDCC, Nusa Dua, Sabtu (7/10) lalu.

“Melalui yoga, penderita kanker bisa mengatur pernafasan untuk rileks dan membawa ketenangan dalam pikiran,” ujarnya.

Lanjutnya, yoga bisa dimanfaatkan para penderita kanker untuk membersihkan racun yang terakumulasi selama menjalani kemoterapi. Selain itu, tidak hanya menstimulasi otot, yoga juga melancarkan peredaran darah, menyeimbangkan kelenjar, dan meningkatkan aliran limfatik di dalam tubuh. “Semua aktivitas itu berguna untuk memurnikan bagian dalam tubuh,” ungkapnya. Mengatur pernafasan yang sering dilakukan dalam yoga, juga melancarkan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam sel-sel, membuatnya mengirimkan nutrisi penting ke sel yang lelah sehingga bisa membersihkan racun lebih lanjut.

Katanya, walaupun sakit, berolahraga tetaplah menjadi kegiatan wajib karena bisa meningkatkan pertahanan alami untuk melindungi tubuh dari sel kanker yang menyerang, sehingga banyak dokter mulai menyarankan para penderita kanker untuk melakukan yoga. “Selain dimanfaatkan sebagai terapi, yoga menggerakan seluruh bagian tubuh namun tetap dalam porsi ideal,” jelasnya.

Karena penderita kanker pasti menjalani kemoterapi dan radiasi, maka yoga adalah aktivitas yang tepat untuk memperkuat tubuh, meningkatkan sistem imun, dan menghasilkan kenyamanan yang sulit didapatkan oleh penderita kanker pada umumnya. Bagi para penderita kanker yang masih dalam tahap pemulihan, dari operasi kanker payudara misalnya, yoga bisa membantu mengembalikan fleksibilitas seseorang dengan cara yang lembut dan seimbang. (aya)