Wabup Sanjaya Hadiri Pemlaspasan di Pura Puseh dan Pura Pajahan Pupuan

23
Wabup Sanjaya mengapresiasi semangat kerja keras dan gotong-royong masyarakat desa pakraman Pajahan. (man)

Tabanan (Bisnis Bali) –  Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya menghadiri upacara mecaru, melaspas, dan ngodalin ajeng di Pura Puseh dan Pura Pajahan, Pupuan Kamis (5/10) lalu. Kedatangan Wabup Sanjaya disambut oleh tarian memetik kopi Desa Pakraman Pajahan Pupuan.

Wabup Sanjaya dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas semangat kerja keras dan gotong-royong masyarakat Pupuan, khususnya di desa pakraman Pajahan. Pihaknya sangat mengapresiasi bersatunya antara masyarakat dinas dengan masyarakat adat sehingga terjlin komunikasi yang baik.

“Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat Pupuan, terus pupuk semangat persatuan dalam hal apapun karena dengan bersatu, semuanya bisa dikomunikasikan dengan baik kepada pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Jero Mangku Gede Suardika dalam laporannya mengatakan, pura ini direhab total dengan pengerjaan selama 2 tahun. Sumber dana didapatkan dari iuran per Kepala Keluarga (KK) dan juga dana bantuan dari donatur. Diharapkan 2020 pembangunan pura akan selesai seluruhnya.

“Jumlah KK di pura ini sebanyak 628 KK, yakni masing-masing dikenakan biaya Rp 600 ribu. Sumber dana lain kami dapat dari dana bantuan BKK provinsi Bali, yang bersumber dari donator,’’ katanya. Dari dana tersebut, lanjutnya, sebenarnya hanya mampu menyelesaikan 80 persen dari bangunan fisik, jadi pihaknya berharap 2020 bangunan ini sudah rampung sepenuhnya karena saat itu akan dilaksanakan upacara ngenteg linggih, berkenaan dengan rampungnya pura.   (man)