Jelang Lomba PKK-KB Kes dan BBGRM Desa Saba Blahbatuh Intensifkan Pembinaan

21

Gianyar (Bisnis Bali) – Sebagai wakil Kabupaten Gianyar dalam lomba PKK-KB- Kesehatan dan lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)  dalam rangka HKG PKK 2017, Desa Saba Kecamatan Blahbatuh mulai mendapat pembinaan oleh TP.PKK Provinsi Bali. TP PKK Provinsi Bali yang diwakili oleh Wakil Ketua Ny. Dayu Sudikerta, langsung memberikan pembinaan di Balai Banjar Blangsinga Blahbatuh, Jumat (6/10).

Ny. Dayu Sudikerta pada kesempatan itu mengatakan, tujuan dari pembinaan adalah menumbahkan motivasi dan penguatan kelembagaan, serta pemberdayaan masyarakat dan kemandirian kabupaten/kota di 9 kabupaten/kota se-Bali. Untuk mengetahui permasalahan atau hambatan yang masih belum terpecahkan sehingga dapat secara bersama-sama dicarikan solusinya. Selain itu, pembinaan persiapan lomba PKK-KB Kesehatan dalam rangka Harganas dan lomba BBGRM yang disinergikan dengan lomba-lomba PKK dalam rangka HKG 2018.
“ Penilain lomba kali ini rencananya akan kami lakukan sekitar November atau Desember nanti,” ucap Ny. Dayu Sudikerta.

Materi pembinaan pada kesempatan itu meliputi sembilan indikator yaitu KB-Kes, Posyandu, LBS, PHBS, pola asuh anak dan remaja, pemanfaatan UP2K, pemanfaatan pekarangan rumah, IVA Tes dan administrasi PKK.
Ditambahkannya, berdasarkan hasil Rakernas VIII PKK tahun 2015 telah dirumuskan kembali pada rapat koordinasi (Rakon) PKK Provinsi Bali 2016. Dan diharapkan pula para kader TP.PKK kabupaten/kota maupun kecamatan telah melaksanakan sosialisasi rumusan tersebut hingga ke tingkat desa/ kelurahan.
Penyelenggaraan pembinaan 10 Program Pokok PKK merupakan amanat dari hasil rakernas yang merupakan program nasional dan wajib dilaksanakan tiap tahunnya.

Sementara itu Ketua TP.PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, pihaknya bersama TP.PKK Kabupaten dan PKK Kecamatan telah rutin melaksanakan pembinaan. Para kader telah dibekali dengan berbagai macam pelatihan seperti pelatihan UP2K, pelatihan IVA test, pelatihan potong rambut dan lain sebagainya.
Ny. Adnyani Mahayastra juga berharap para kader PKK Desa Saba Blahbatuh dapat memanfaatkan pembinaan ini dengan menimba ilmu sebanyak-banyaknya. ‘’Pada penilaian nanti dapat menampikan yang terbaik,’’ tandasnya. (kup)