Hadiri Piodalan di Pura Antagana Bupati Badung Serahkan Dana Kegiatan Rp500 Juta  

32
istDANA - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana pembangunan saat menghadiri piodalan di Pura Antagana, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kamis (5/10) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri  piodalan di Pura Antagana, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kamis  (5/10) lalu. Kehadiran Bupati disambut krama adat Tegal, Desa Darmasaba dengan dimeriahkan gong baleganjur disertai pengalungan bunga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bagian Humas Setkab Badung Putu Ngr. Thomas Yuniarta, Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Surya Jaya beserta Muspika Kecamatan Abiansemal, Wakil Ketua DPC PDIP Badung Bagus Alit Sucipta, Perbekel Desa Darmasaba I Made Taram, serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada krama adat Tegal Desa Darmasaba telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Badung. “Saat ini Pemerintah Kabupaten Badung telah meluncurkan program-program menyentuh kebutuhan dasar masayarakat seperti dari lahir dengan program persalinan gratis serta akte kelahiran gratis, hidup dengan program pelayanan kesehatan gratis dan meninggal dengan santunan kematian, akte kematian dan perubahan KK. Selain itu juga kami pemerintah Kabupaten Badung juga akan membantu memberikan santunan kepada penunggu pasien di kelas III,” ungkap Giri Prasta.

Lebih lanjut Giri Prasta mengatakan siap membantu sekeha teruna di masing-masing banjar yang membutuhkan gong. “Gong memiliki banyak manfaat untuk para generasi muda agar mempunyai kesibukan untuk melakukan latihan tabuh yang nantinya akan dipakai di adat apalagi akan menjadi desa wisata dan secara otomatis dapat menghindari hal-hal negatif seperti mabuk-mabukan, geng motor dan penyalahgunaan narkoba yang dapat mengganggu ketertiban umum,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta juga menyerahkan bantuan dana kegiatan Rp500.000.000 kepada Desa Adat Tegal Desa Darmasaba sebagai wujud konsep Tri Hita Karana. “Penyerahan bantuan ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Badung untuk mendukung pembangunan di desa sehingga masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya untuk pembangunan. Kami mengambil kebijakan untuk menuntaskan seluruh pembangunan Pura Kahyangan Tiga Desa Adat di se-Badung dan mulai 2018 nanti juga mengambil kebijakan untuk memberikan gaji kepada pemangku Pura Kahyangan Tiga se-Badung,” tegasnya.

Bendesa Adat Desa Adat Tegal I Made Lipur menyampaikan, apresiasi dan rasa terima kasih  atas kehadiran Bupati Badung yang telah memperhatikan krama adat di Desa Adat Tegal Desa Darmasaba, dan selanjutnya mengatakan krama adat siap mengawal dan mendukung  program program Pemerintah Kabupaten ke depan.

Pura Antagana di-empon oleh 8 banjar di antaranya Banjar Gulingan, Banjar Tengah, Banjar Baler Pasar, Banjar Bucu, Banjar Telanga, Banjar Taman, Banjar Bersih dan Banjar Umahanyar. (ad 1.907)