Disbud Gianyar Gelar Upacara ’’Padudusan Alit lan Rsi Gana’’

12
Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar mengadakan Karya Mapadudusan Alit lan Mecaru Rsi Gana di Padmasana kantor setempat pada Kamis (5/7). (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar mengadakan Karya Mapadudusan Alit lan Mecaru Rsi Gana di padmasana kantor setempat pada Kamis (5/7). Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Istri Rai Temuku dari Gria Prapitamaha Desa Siangan Gianyar ini, adalah karya Mapadudusan Alit,  Mecaru Rsi Gana dan caru Madurga dengan sarana Asu (anjing) blang bungkem.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan kabupaten Gianyar, IGN Wijana ini, kali kedua karya serupa dilaksanakan di Dinas kebudayaan, di mana sebelumnya pada 2007 juga telah digelar upacara yang sama. Rentetan upacara dimulai dari pangusada bumi atau membersihkan alam lingkungan sekitar kantor Dishub dengan upacara mecaru Rsi Gana yang dilanjutkan dengan prosesi upacara melasti ke Pantai Masceti Keramas, Blahbatuh Gianyar.

Puncak wali pada whraspati pon bertepatan dengan purnama sasih kapat diadakan upacara Padudusan Alit (nyatur) yang dilanjutkan dengan upacara nyineb pada hari yang sama.

IGN Wijana juga menambahkan, upacara ini  selain untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya para pegawai di lingkungan Dinas Kebudayaan,  juga bertujuan mengatur keseimbangan alam berdasarkan konsep Tri Hita Karana. (kup)