Berdayakan Pengungsi,  Diskop UMKM Denpasar Lakukan Pendataan

26
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena , S.E.,M.Si.

Denpasar (Bisnis Bali) –Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar melakukan pendataan secara terus  – menerus untuk memberdayakan para pengungsi pasca meletusnya Gunung Agung. Dari pendataan yang dilakukan, pemerintah Denpasar sudah langsung memberikan bantuan berupa bahan atau material aneka kerajinan.

Selain bantuan tempat penampungan dan sembako. Saat ini juga terus dilakukan kucuran aneka bantuan, dan sekaligus mendata keahlian, keterampilan yang dimiliki para pengungsi. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena , S.E.,M.Si., Kamis (5/10) mengatakan sudah memerintahkan bidang UKM untuk melakukan pendataan lapangan.

Pendataan yang sedang dijalankan selain data keterampilan yang dimiliki masing-masing pengungsi, juga data pelaku usaha yang memerlukan aneka produk yang dimungkinkan dapat dilakukan para pengungsi.

”Kami selain mendata, sehingga dapat dipakai acuan untuk meneruskan ke pasar. Kalau data sudah ada, maka kami mudah mencarikan pembeli. Misalkan, jika para ibu-ibu mau membuat ceper (sarana upacara) maka kami sudah ada pembelinya. Maka dari data itu, pemerintah Denpasar langsung memberikan material pembuatan ceper dan canang. Hasilnya langsung sudah ada pembeli,” kata Erwin Suryadarma.

Menurutnya, pemerintah juga akan memberikan pelatihan sesuai kebutuhan. Dari data akan dapat dibuatkan program langkah selanjutnya yang tepat sasaran. ”Kalau ada yang mau belajar membuat camilan, maka kami akan siap memfasilitasinya. Kalau ada yang berkeinginan membuat aneka kerajinan juga kami siap memberikan diklat. Karena kami lebih memilih melakukan pendataan kemudian baru dipasilitasi sehingga tepat sasaran. Artinya, diberikan sesuai kebutuhan,” tegasnya.  (sta)