Diskop Tabanan akan Beberkan Hasil Temuan Koperasi Sari Ajeg Mandiri

16

Denpasar (Bisnis Bali) – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabanan, AA Gede Dalem Trisna Ngurah berencana akan memanggil ketua, pengurus dan para anggota koperasi Sari Ajeg Mandiri. Pemanggilan tersebut guna membeberkan hasil temuan tim investigasi yang telah dilakukan oleh dinas sejak koperasi Sari Ajeg Mandiri dinyatakan bermasalah karena tak bisa mengembalikan dana nasabah.

“Rencananya Jumat nanti, kami akan panggil semuanya untuk membeberkan hasil temuan selama ini. Nantinya, dari hasil temuan tersebut, kami serahkan kepada mereka (ketua, pengurus dan para anggota koperasi Sari Ajeg Mandiri) untuk penyelesaian permasalahan lebih lanjut dengan membentuk tim penyelesaian. Sebab, pada prinsipnya tim ini dibentuk oleh dan untuk mereka guna menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi,” katanya, Rabu (4/10).

Ia menerangkan, tim penyelesaian tersebut nantinya akan menangani hak dan kewajiban anggota, baik itu berupa dana tabungan maupun dana simpanan atau kredit. Ia menambahkan, hingga saat ini, dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabanan sudah melarang koperasi bersangkutan untuk melakukan penarikan tabungan, menerima deposito dan penyaluran kredit.

Menurut Dalem Trisna, saat ini aktivitas yang bisa dilakukan oleh koperasi Sari Ajeg Mandiri hanyalah untuk memungut kredit dari yang sudah disalurkan selama ini. Hal itu sekaligus sebagai upaya untuk bisa mengembalikan dana tabungan maupun deposito sejumlah anggota yang telah dipercayakan kepada Koperasi Sari Ajeg Mandiri selama ini. (man)