Gelar Pertemuan, BKS-LPD Bali Wujudkan Bantuan Satu Pintu untuk Karangasem

12
Penyerahan bantuan sosial oleh Ketua BKS-LPD Provinsi Bali,  Drs.  I Nyoman Cendikiawan, S.H., M.Si,  kepada perwakilan masyarakat (wid)

Amlapura (Bisnis Bali)- Badan Kerja Sama (BKS) LPD bersama LP-LPD Provinsi Bali, mengadakan pertemuan dengan BKS-LPD kabupaten/kota se-Bali. Tujuannya, guna memgumpulkan bantuan sosial dan dana penyangga likuiditas di Desa Sukahet, Sidemen, Karangasem, Selasa (3/10) kemarin. Pertemuan yang merupakan tidak lanjut dari pertemuan sebelumnya ini, merealisasikan pengumpulan bantuan satu pintu LPD se-Bali yang dipusatkan di Karangasem.

Ketua BKS-LPD Provinsi Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, S.H., M.Si, mengatakan, terealisasinya kegiatan pada hari ini merupakan kesepakatan yang telah disepakati bersama oleh LPD pada rapat sebelumnya. Bantuan yang dikumpulkan LPD se-Bali, khususnya bantuan sosial baik itu dari karyawan ataupun lembaga yang dipusatkan di LPD Sukahet ini, nantinya akan didistribusikan kembali ke masyarakat yang terkena dampak bencana Gunung Agung. Hal ini dimaksudkan, agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat.

Selain itu, dana penyangga likuiditas dari masing-masing LPD juga dikumpulkan pada kesempatan ini melalui BKS-LPD masing-masing. Cendikiawan menjelaskan, kondisi LPD di Karangasem hingga bulan Juni 2017 menunjukan perkembangan yang baik dengan total aset mencapai Rp 2,1 triliun. Tercatat pula, likuiditas LPD Rp 260 juta. “Namun dengan situasi di tengah bencana seperti ini kita juga perlu mendukung keberadaan LPD Karangasem, dengan membantu cadangan likuiditas LPD, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi,” katanya.

Menyikapi hal ini, Kepala Koperasi dan UMKM Kabupaten Karangasem, Ir. Gede Ngurah Yudiantara, M.M, mengapresiasi BKS-LPD Provinsi Bali yang telah menunjukan sikap yang sangat tepat, terutama untuk membantu LPD yang berada di zona merah. “Ini adalah salah satu wujud kerja nyata kesatuan LPD yang antusias untuk membangun LPD,” katanya.

Sementara itu, Ketua BKS-LPD Kabupaten Karangasem, Drs. I Made Mastiawan, mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh LPD di Bali, khususnya BKS-LPD dan LP-LPD Provinsi Bali yang dengan cepat dan tanggap memberikan jalan keluar atas bencana yang dihadapi LPD di Karangasem. Demikian juga pengumpulan bantuan sosial untuk masyarakat Karangasem yang pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua  LPD.

Dijelaskannya, saat ini LPD-LPD yang ada di zona merah sudah mulai beraktivitas kembali, yang dengan cepat mengambil langkah untuk menormalkan kembali LPD. Demikian juga Mastiawan juga mengucapkan terima kasih kepada Bendesa Adat setempat yang juga telah mendukung operasional sementara yang dilakukan LPD, yang beberapa LPD juga sudah memberi pelayanan ke titik-titik pengungsi. (wid)