Jaga Citra Koperasi, Pengawasan Diperketat

16

Denpasar (Bisnis Bali) – Jumlah koperasi di Bali sebanyak 4.982 unit dan hampir 90 persen aktif. Umumnya koperasi aktif kinerjanya sehat, oleh karena itu sampai saat ini kepercayaan masyarakat terhadap koperasi sangat tinggi.

“Untuk mengantisipasi terjadinya penurunan kepercayaan, maka semua pihak utamanya pemerintah melalui Dinas Koperasi melakukan peningkatan pengawasan,” kata ‎Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Patra, S.H., M.H., belum lama ini.

Ia mengatakan, di masing-masing dinas sudah dibentuk Bidang Pengawas Koperasi. Kerjanya mengawasi koperasi yang ada, maka itu tugas Bidang Pengawas Koperasi mesti dimaksimalkan, sehingga perannya sangat menyentuh gerakan koperasi yang ada. Tugas dari pengawas adalah melihat kinerja koperasi semuanya. ”Kami berharap semua Dinas Koperasi dan UMKM kota maupun kabupaten se-Bali meningkatkan pengawasan ke lapangan. Jika ada ditemukan indikasi kinerja koperasi yang melenceng dari aturan yang ada agar langsung diberikan arahan. Jika membandel agar diberikan teguran dan peringatan. Bahkan, jika terus melanggar aturan, maka dapat diancam dibubarkan atau badan hukum (BH) dicabut,” kata Dewa Patra.  (sta)