Gaet Turis ”Cruise”, Benoa Jadi Tulang Punggung Bali 

19
CRUISE - Pelabuhan Benoa disinggahi cruise yang melalui rute ke Indonesia. (kup)

Cruise melalui rute Indonesia dan Bali menjadi salah satu favorit wisatawan cruise. Sejauhmana Pelabuhan Benoa siap menjadi tulang punggung dermaga cruise untuk menggaet wisata cruise ke Bali?

KAPAL pesiar (cruise) dari Hongkong-Singapura-Filipina-Indonesia-Singapura selama ini di antaranya banyak mengisi pasar cruise di Indonesia. Pelabuhan Benoa menjadi salah satu dermaga utama di Bali sebagai tempat lego jangkar bagi cruise yang singgah ke Bali.
Direktur Eksternal Pacific World Nusantara, IB Surakusuma mengatakan, pemilik cruise  dan operator tur kapal pesiar banyak menjadikan Bali dan Pulau Komodo sebagai daya tarik utama wisata cruise. Pelabuhan Benoa salah satu dermaga cruise di Bali dituntut siap menerima kedatangan cruise yang akan lego jangkar di Bali.
Ia menjelaskan cruise yang melalui rute Hongkong-Singapura, Filipina, Indonesia-Singapura ini akan menjadi Komodo dan Bali menjadi daya tarik utama. Cruise yang melalui Indonesia melalui Hongkong-Indonesia akan mencapai lebih dari 300 call. Satu kapal bisa menyinggahi beberapa pelabuhan di Indonesia sehingga satu kapal pesiar diperhitungkan akan menyinggahi lebih dari dua call atau dua pelabuhan.
Ketua INCCA Bali ini memaparkan, untuk menggaet lebih banyak cruise melalui Indonesia dan Bali, pemerintah dituntut pandai mendekapi operator cruise. Indonesia harus memberikan insentif kepada cruise yang melalui rute Indonesia dan lego jangkar di Pelabuhan Benoa Bali.
Menurutnya, pemerintah harus meyakinkan kawasan perairan Indonesia masih alami dan banyak daya tarik yang mesti dikunjungi. Hanya, kelemahan tingginya biaya masuk ke pelabuhan di Indonesia menyebabkan kapal pesiar yang melalui Indonesia menghadapi situasi persaingan yang kompetitif.
Lebih lanjut Konsul Kehormatan Polandia untuk Bali ini mengatakan, melalui rute panjang Hongkong-Singapura-Filipina-Indonesia (Pulau Komodo Bali), Singapura membutuhkan waktu sampai 2 minggu. Jalur yang terlalu panjang menyebabkan waktu singgah di destinasi yang dikunjungi relatif singkat.
Pria yang akrab disapa IB Lolec ini melihat, persaingan yang ketat antarkapal pesiar ini mesti menjadi pertimbangan pemerintah untuk melakukan sales mission cruise yang dianggap potensial.  Seperti Sales Mission Cruise South Korea 2016 untuk menggarap pasar wisatawan kapal pesiar dari Korea dan sales mission cruise ke Australia. Masyarakat dari negeri Kangguru sangat suka berlibur dengan wisata kapal pesiar. Wisatawan bisa menaiki kapal pesiar dari Darwin atau Pert Australia dengan rute ke Indonesia (Komodo, Bali, Semarang) dan terakhir turun di Singapura.
Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dengan pengembangan tourism port ini Pelabuhan Benoa mampu menampung cruise ship berukuran besar sekaligus tempat sandar ratusan yacht
Diungkapkannya, Pelabuhan Benoa sudah mulai melakukan ground breaking pembangunan terminal cruise ship dan pengerukan alur. Ini akan dilanjutkan dengan perbaikan landscape-nya. Upaya  ini diharapkan Pelabuhan Benoa akan bisa menampung banyak kapal pesiar.
Ia menjelaskan, Pelabuhan Benoa akan
fokus pada penataan fasilitas penunjang kegiatan kapal pesiar. Ini meliputi pengerukan laut sedalam 12 meter dan pelebaran hingga 200 meter di sekitar dermaga.  (kup)