LPD Den Kayu Bangun Kepercayaan Masyarakat Program Tabungan Beasiswa Jadi Daya Tarik  

39
Kepala LPD Den Kayu,  A. A.  Suarta Kusuma. (wid)

KEBERADAAN LPD Den Kayu, Kecamatan Mengwi, Badung, terus berupaya membangun kepercayaan masyarakat, di tengah pesatnya persaingan dengan lembaga keuangan lainnya. Usaha tersebut kian menunjukkan hasil, ketika LPD terus menunjukkan perkembangan, yang hingga saat ini, aset LPD Den Kayu telah mencapai Rp 3,1 miliar.

Kepala LPD Den Kayu, A.A. Suarta Kusuma, saat ditemui, Minggu (17/9) kemarin menjelaskan, awal kepemimpinannya tahun 2002 lalu, sangat sulit untuk menggali kepercayaan masyarakat, terutama soal kredit. Pada saat itu, dikatakannya, masyarakat lebih memprioritaskan melakukan kewajiban pada bank besar lainnya, dibandingkan di LPD. “Pada saat itu, tentunya kami selalu mengejar. Di satu sisi kami harus berupaya mengembangkan LPD, sehingga permasalahan kredit harus segera diatasi, namun disisi lain nasabah adalah masyarakat kami, yang sungguh tidak tega untuk kami berperilaku keras,” tuturnya.

Usaha demi usaha terus dilakukan LPD, demikian juga keinginan untuk memiliki gedung baru terus digencarkan, yang sebelumnya LPD Den Kayu menempati wantilan untuk operasionalnya. Atas inisiatif dan usaha keras kepengurusannya, Gedung LPD barupun dimiliki, yang resmi ditempati pada Januari lalu. Keberadaan gedung baru sebagai tempat operasional LPD ini, dikatakannya, mampu menarik minat masyarakat serta mampu mendorong masyarakat untuk menambah kepercayaan terhadap LPD.

Selain itu, dengan program-program baru yang dimiliki LPD, juga dikatakannya mampu menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan LPD dalam menaruh dana ataupun meminjam dana. “Saat ini program tabungan beasiswa untuk anak-anak sangat diminati masyarakat. Dengan setoran minimal Rp 10.000 per bulannya, tentu dirasa ringan dan bisa digunakan dalam beberapa waktu kedepan,” ungkapnya.(wid)