KACANG mete yang bergizi tinggi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mulai dari mencegah penyakit jantung, kanker hingga manfaat bagi kecantikan kulit dan rambut. Hal tersebut membuat harga kacang mete sangat tinggi di pasaran yaitu berkisar Rp 125 ribu – Rp 200 ribu per kilogram di tingkat pengepul. Tingginya harga kacang mete ini menjadi peluang bagi petani jambu mete di Karangasem.

Ir. I Ketut Soma, Seksi Pembenihan dan Perlindungan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali memaparkan, dulu tidak sembarang orang bisa makan kacang mete karena harganya yang sangat mahal. Karenanya, budi daya jambu mete memberikan keuntungan besar bagi petani. Selain itu jambu mete tidak hanya bisa diambil kacangnya, namun juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam produk. “Sebenarnya banyak bagian dari jambu mete yang bisa dimanfaatkan, namun sebagian besar masyarakat hanya mengetahui kacang mete saja,” ucapnya.

Jika kacang mete dijual dalam bentuk gelondongan, harga berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram. Namun bila sudah berbentuk kacang, harga naik berkali-kali lipat yaitu Rp 125 ribu – Rp 200 ribu per kilogram. Mutu kacang mete di pasaran cukup bervariasi dipengaruhi oleh varietas tanaman jambu mete yang berbeda dan perlakuan serta pengawasan selama proses pengolahan berlangsung. “Untuk menghasilkan kacang mete berkualitas, jambu mete yang dipanen harus benar-benar matang. Karenanya, banyak petani yang menunggu jambu mete jatuh dari pohon, ketimbang memetiknya,” tuturnya.

Setelah jambu mete dipanen, tahap selanjutnya adalah pemisahan gelondong dengan buah semu yang seperti jambu tersebut. Baru kemudian gelondong dicuci  dan di sortasi. “Kebanyakan petani di Kubu, menjual gelondong kacang mete. Karena di Desa Ban, Kecamatan Kubu saat ini sudah ada pabrik pengupasan kulit mete, sehingga untuk pemasaran petani tidak mengalami kesulitan lagi,” tukasnya.

Kacang mete  ini kaya akan zat besi, fosfor, selenium, magnesium dan seng. Mete  juga sumber fitokimia, antioksidan, dan protein sehingga sangat baik untuk kesehatan.  “Kacang mete memiliki kandungan lemak lebih rendah daripada kebanyakan kacang lain dan sebagian besar dalam bentuk asam oleat dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung,” tuturnya. (pur)