Desain dan Motif Tingkatkan Harga Perhiasan Emas

41
DESAIN - Desain dan motif perhiasan emas meningkatkan harga jualnya di pasaran.

Denpasar (Bisnis Bali) –  Dalam bentuk perhiasan logam mulia yang dijual di pasaran relatif lebih mahal, karena ada penambahan nilai deklaratif. Nilai deklaratif tersebut adalah, unsur seni yang ada pada desain dan motif perhiasan. Contoh harga emas Antam Rp 624.000 per gram, dalam wujud perhiasan bisa dijual lebih mahal. Ongkos desain dan motif  bahkan bisa mencapai Rp 25.000 – Rp 75.000 per gram. Demikian dijelaskan Kadek Ariana, salah seorang produsen perhiasan emas, Jumat (15/9).

Dikatakan, hal ini sudah dimengerti sebagian konsumen sehingga dalam membeli perhiasan mereka pun sangat selektif. Maka dipilihlah perhiasan dengan kadar tertentu yang prospek untuk investasi atau berspekulasi. Contohnya, emas 22 atau 23 karat. Yang lebih siap modal bahkan memilih emas batangan yakni 24 karat.

Dia juga menilai, bisnis perhiasan emas di Bali peluangnya cerah. Hal itu karena perhiasan emas juga sebagai wahana menyimpan uang yang baik. Selain harganya relatif stabil dan bertahan ketika mau menjual juga tak sulit karena bisa dilakukan kapan saja. Inilah alasan kenapa investasi emas bahkan sudah populer sejak zaman nenek moyang.

Tambahnya, perhiasan dengan kualitas terbaik akan menguntungkan untuk investasi. Karena itu kejelian memilih sarana investasi ini menentukan keberhasilan meraup untung ke depan. Tak sebatas investasi emas juga bisa digadaikan untuk mendapatkan pinjaman uang.

Hal senada disampaikan pebisnis perhiasan emas, Agung Gede. Katanya, desain dan motif tradisional Bali selama ini menjadi kekuatan utama dalam menggaet kepercayaan pasar. Terutama pasar lokal yang lekat dengan seni budaya. Selain itu Bali yang dikenal dunia karena seni budayanya, juga tak kalah berpeluang menggaet pasar luar negeri lewat ekspor. Untuk yang ini tentu saja harus ditunjang modal, promosi, dan inovasi berkelanjutan. Jika tidak daya saing produk lokal sulit ditingkatkan. Lebih – lebih terintegrasi di pasar Asia dan Eropa banyak kompetitor yang juga merebut pasar ekspor perhiasan Bali. (gun)