Badung Jalin Kerja Sama Kelitbangan dengan Unud

36
istKERJA SAMA - Balitbang Badung jalin kerja sama Kelitbangan dengan Unud di Gedung Pasca Sarjana, Unud, Jl. Sudirman, Denpasar, Jumat (15/9) kemarin.

Mangupura (Bisnis Bali) – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung menjalin kerja sama kelitbangan dengan Universitas Udayana (Unud). Komitmen kerja sama ini dibuktikan dengan pertemuan Kepala Balitbang Badung I Wayan Suambara, S.H., M.H. dengan Rektor Unud Prof. Dr. dr. AA Raka Sudewi, Sp.S (K) didampingi Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi Prof. Dr. Ida Bagus Wyasa Putra, S.H., M.Hum. di Gedung Pasca Sarjana, Unud, Jalan Sudirman, Denpasar, Jumat (15/9) kemarin.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balitbang Badung, I Wayan Suambara menjelaskan, kehadirannya ke Unud ini untuk melanjutkan jalinan kerja sama yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Badung selama ini, maupun pada saat dirinya menjabat sebagai Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Badung. Dijelaskannya, saat ini Badan Litbang merupakan perangkat daerah yang berdiri sendiri dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya memerlukan keterlibatan kalangan akademisi dan ilmuwan. “Saat ini kami belum memiliki tenaga fungsional peneliti internal. Oleh sebab itu kami ingin memperkuat hubungan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Badung dengan Universitas Udayana, terlebih lagi dalam melakukan kajian-kajian sebagai landasan dalam rumuskan berbagai program strategis pemerintah daerah terlebih lagi menyangkut kebijakan publik,” ungkapnya.

Suambara menambahkan, pada 2018 ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya melakukan pengukuran tingkat kebahagiaan masyarakat Badung, survai kepuasan masyarakat, penelitian tingkat kerukunan umat beragama di Badung, penelitian pengembangan bidang pertanian holtikultura dan peternakan. “Dari kerja sama ini sangat banyak disiplin ilmu yang kami perlukan dari peneliti Universitas Udayana. Mudah-mudahan kita dapat melanjutkan dengan lebih baik dan lebih optimal kerjasama ini,” tambahnya.

Rektor Unud AA Raka Sudewi menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kepala Balitbang Badung di Universitas Udayana, tentunya untuk meningkatkan kerja sama yang telah terjalin selama ini antara Pemkab Badung dengan Unud. “Kami sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Balitbang Badung, dan kami siap mendukung Balitbang dalam merintis lahirnya sumber daya manusia kelitbangan di Badung dan berkontribusi untuk kegiatan litbang,” jelasnya.

Untuk itu pihak Unud mempersilakan Balitbang Badung memakai tenaga peneliti dari Unud  guna membantu dalam pelaksanaan program-program kelitbanganan  ke depannya. “Mudah-mudahan dengan kerja sama ini ked epan Badan Litbang di Pemkab Badung mampu eksis, sebagai instansi yang dapat memberikan kajian dalam pengambilan kebijakan di Pemkab Badung,” terangnya. (ad 1.818)