Pedagang Pernak-pernik Wisuda ’’Panen”    

24

Denpasar (Bisnis Bali)- Pelaksanaan wisuda yang dilakukan beberapa perguruan tinggi di Bali, selalu dihiasi pernak pernik khusus. Seperti plakat, toga, map dan sebagainya. Pada bulan-bulan pelaksanaan wisuda, tentunya pesanan sejumlah pernak-pernik tersebut ramai, dan ini memberi peluang bisnis bagi pengusaha terkait untuk meningkatkan omzet.

Salah seorang pengusaha plakat dan pernak-pernik lainnya, Oki Namud, Rabu (13/9) kemarin mengatakan, permintaan pernak-pernik wisuda, khususnya plakat melonjak pada bulan ini. Dia mengatakan, sudah menyiapkan sekitar 1.000 lebih plakat untuk persiapan wisuda ini, namun tetap kewalahan dikarenakan banyaknya pesanan. “Banyak perguruan tinggi yang wisuda ataupun pelepasannya dimajukan, sehingga bulan ini pesanan sangat banyak. Selain itu kami juga mendapat pesanan dari Timur Leste saat ini, yang membuat kami kewalahan dalam memenuhi permintaan,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, plakat yang dibuatnya, tidak hanya dipasarkan di Bali, namun juga luar Bali, termasuk luar negeri. Diakuinya, pengiriman plakat pernah dilakukannya hingga ke Australia. Dibandingkan dengan permintaan tahun ataupun periode sebelumnya, dia mengatakan, permintaan plakat pada bulan ini dan Agustus lalu, lebih banyak yang mengalami permintaan sekitar 20 hingga 30 persen.

Adapun jenis plakat yang dijualnya seperti plakat kayu, acrylic, fiber, marmer, kayu dan sebagainya, tergantung permintaan konsumen. Dia mengatakan, jenis yang paling laris khusus untuk momen wisuda yang bersifat musiman adalah yang jenis fiber. “Kalau secara keseluruhan yang paling banyak dicari yang kayu, karena kebanyakan pelanggan saya adalah mahasiswa. Plakat ini biasanya dipakai kenang-kenangan pada kegiatan KKN, PKL dan sebagainya,” katanya.

Ditanya soal harga, dia mengatakan, untuk plakat yang dijualnya berkisar Rp 50.000 hingga Rp 650.000 per buah. Harga ini, dikatakannya, tergantung dari bahan, ukuran dan kerumitan pembuatan. (wid)