Diet Sehat Sesuai Golongan Darah

75

Denpasar (Bisnis Bali ) – ‪Banyak orang bersusah payah melakukan program diet, namun tidak membutuhkan hasil. Ada pula yang memilih untuk mengkonsumsi obat pelangsing untuk memperoleh tubuh ideal. Namun dari semuanya itu, program diet yang sedang tren di Amerika dan Kanada saat ini adalah, diet berdasarkan golongan darah.

Wiwik Sulastri, CEO Slimming Center Yoxsy Salon  di Jalan Tukad Yeh Aya, Renon Denpasar, diet golongan darah dapat menjadi solusi bagi mereka yang selama ini menjalankan program diet namun gagal. ” Diet yang sehat itu, bukan seperti kebanyakan orang lakukan dengan minum obat pelangsing atau tidak makan nasi sama sekali. Diet yang seperti itu, kedepannya akan sangat berbahaya,” terangnya.

Sebagai pemilik Slimming Center, ia selalu menyarankan kepada customernya untuk melakukan program diet berdasarkan golongan darah. “Diet golongan darah ini sangat bagus dan efektif untuk mengurangi berat badan, dengan hanya menghindari makanan tertentu tanpa harus menderita karena tidak makan,” tukasnya. Karena setiap hari tubuh beraktivitas, sehingga membutuhkan kalori dari makanan. Makanya meski melakukan program diet, tetap harus mengkonsumsi makanan.

Customer kami yang ingin melangsingkan tubuh, sebelum melakukan treatment terlebih dahulu akan ditimbang menggunakan timbangan khusus. Timbangan ini bisa mengukur kelebihan lemak pada bagian tubuh yang mana, sehingga diketahui treatment yang harus dilakukan,” tuturnya. Setelah melakukan treatment, pihaknya tetap merekomendasikan untuk melakukan diet menurut golongan darah.

Teori yang mendasarinya adalah, tiap golongan darah mencerna lektin (sejenis protein) secara berbeda. Jika kandungan lektin dari makanan tidak sesuai dengan golongan darah, maka dapat memicu perut kembung, peradangan, melambatnya metabolisme dan memicu penyakit lain, seperti kanker. “Tiga kategori makanan dalam diet golongan darah adalah bermanfaat, netral, dan harus dihindari. Makanan netral akan dianggap sebagai asupan untuk tubuh. Sementara makanan yang bermanfaat akan dianggap dapat bekerja sebagai obat dan makanan yang harus dihindari, sebagai racun,” tuturnya.

‪Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya mengikuti panduan diet golongan darah sebagai berikut. Untuk konsumsi golongan darah O dititikberatkan pada diet protein tinggi. Jadi disarankan untuk mengkonsumsi daging merah, hati, ikan dan sayuran hijau. Sedangkan makanan yang harus dihindari karena dapat menambah berat badan yaitu ketan, jagung, kembang kol, kol, kacang merah dan kecambah.

Golongan darah A disarankan untuk menjalani pola makan bebas daging. Konsumsi utama yang disarankan adalah sayuran, buah nanas, kedelai dan produk olahannya. Sedangkan makanan yang harus dihindari adalah gading, susu, kacang merah dan gandum.

‪Pada diet golongan darah B, konsumsi daging ayam, daging babi, jagung, tomat, gandum, kacang, mie dan wijen tidak disarankan. Pilihan terbaik untuk golongan darah B antara lain sayur hijau, telur, daging kambing, teh dengan brown sugar dan produk susu rendah lemak.

Terakhir untuk golongan darah AB, konsumsi difokuskan pada makanan laut, tahu, produk susu dan sayuran hijau. Golongan darah AB disarankan untuk menjauhi minuman keras, kafein, kacang merah, biji – bijian, jagung, mie, gandum dan daging merah.

‪”Jadi tidak semua makanan sehat, cocok untuk semua orang. Seperti contoh roti gandum yang katanya sehat, ternyata tidak baik untuk semua orang,” tukasnya. Bila seseorang mengkonsumsi makanan yang tidak cocok untuk golongan darah, makanan tersebut akan berubah menjadi lemak yang akan terus menumpuk dan membungkus organ – organ penting dalam tubuh. Untuk itu mulailah diet golongan darah.(pur)