Tepung dan Mi Olahan dari Biji Sorgum  

42

SORGUM batang manis menghasilkan biji seperti beras yang bisa diolah menjadi tepung. Setelah menjadi tepung sorgum, bisa dimanfaatkan untuk berbagai produk makanan salah satunya mi instan.

AAN Badung Sarmuda Dinata, peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali (BPTP Balitbangtan-Bali) menuturkan, tanaman sorgum batang manis ini sangat kaya manfaat. “Daunnya bisa sebagai pakan ternak, kemudian batangnya bisa diolah menjadi gula dan ampas batang tersebut juga bisa diberikan kepada ternak. Yang terakhir, bijinya bisa digiling menjadi tepung,” tuturnya.

Sorgum batang manis dipanen pada umur 65 hari, tanaman ini selain menghasilkan biji yang bisa dimanfaatkan sebagai pangan dan pakan, juga menghasilkan hijauan berupa batang dan daun yang produksinya sangat tinggi. Produksi biji sorgum batang manis bisa mencapai 6,96 ton dalam bentuk kering. “Sorgum yang telah panen disosoh kemudian dikupas kulitnya hingga menjadi beras sorgum. Beras sorgum kemudian ditepungkan sehingga menjadi tepung sorgum,” terangnya.

Tepung sorgum selain dapat diolah menjadi beraneka ragam kue kering, juga bisa diolah menjadi mi instan. Fauzan Sigma Aurum, Peneliti pascapanen BPTP Bali menuturkan, pada pengkajian teknologi pasca panen, tepung sorgum dapat dibuat menjadi mi instan. Pihaknya telah melakukan sejumlah penelitian dan membuat sejumlah sampel dengan mencampurkan tepung sorgum dan tepung terigu dalam pembuatan mi instan. “Ada empat sampel yang saya buat, untuk membandingkan hasilnya mana yang terbaik dan menyerupai mi biasa dari tepung terigu,” ungkapnya.

Sampel yang dibuat yang pertama tanpa tepung sorgum, yang kedua 90% terigu dengan 10% sorgum, ketiga yaitu 80% terigu dengan 20 % sorgum dan keempat 70% terigu dengan 30% sorgum. Dari sampel tersebut sampel ketiga dan keempat telah sesuai dengan standar SNI. (pur)