Denpasar (Bisnis Bali) – Buah mengkudu  hampir setiap orang pasti mengenalnya, namun buah yang satu ini jarang disukai karena bau dan rasanya yang tidak enak. Meski demikian jus buah mengkudu ternyata menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, sehingga sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Buah mengkudu biasanya digunakan sebagai bahan obat herbal karena diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Menurut salah seorang ahli usada Bali, Nyoman Sridana, manfaat mengkudu  sangat membantu dunia kesehatan dan sudah dipercaya masyarakat di Indonesia. “Buah dan daun mengkudu kaya protein, vitamin dan mineral penting. Selain itu mengkudu memiliki zat anti-bakteri, anti-peradangan dan anti-kanker,” terangnya. Pemilik produk herbal Taru Pramana ini mengungkapkan buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah mengkudu yang masih muda biasanya berwarna hijau dengan benjolan atau totol yang berwarna coklat kehitaman. Jika buah ini sudah tua,  warnanya akan berubah menjadi keputihan.  Buah mengkudu mengandung antioksidan yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh dan mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, maag dan penyakit kelebihan asam lambung.

Daun  dan buah  mengkudu sama-sama memiliki khasiat.  Diantaranya mengatasi  batuk, sakit tenggorokan dan sejumlah penyakit lain. Banyak cara dilakukan untuk mengolah buah mengkudu, seperti masyarakat Bali kerap memanfaatkannya sebagai rujak dan loloh, mengkudu juga bisa dibuat jus yang bisa dengan mudah dilakukan masyarakat. Sementara para praktisi herbal kerap membuatnya menjadi jadi ekstrak.

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan disampaikan pula salah seorang ahli gizi, yang juga dosen ilmu gizi di Universitas Dhyana Pura, Eny Sulistya Dewi. Menurutnya buah mengkudu kaya nutrisi, yang diantaranya berfungsi sebagai anti-kanker dan anti-bakteri. Buah mengkudu juga bermanfaat bagi pasien diabetes dan hipertensi. Namun konsumsi buah mengkudu tetap diimbangi menjaga pola makan.

Ditambahkan memanfaatkan mengkudu bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan mengkonsumsi buah matang atau diblender dengan dicampur air, garam dan  madu. “Daunnya bisa direbus dan diminum. Membuat rujak buah mengkudu, menjadi metode pengolahan yang digemari masyarakat,” tuturnya. (pur)