HUT ST Kerta Yowana Br. Purwakerta Gerih Bupati Giri Prasta Inginkan Sekeha Teruna harus Bersatu

20
istST - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri HUT ke-27, ST Kerta Yowana Br. Purwakerta Desa Adat Gerih, Kecamatan Abiansemal Minggu (10/9).

Mangupura (Bisnis Bali) – Sekeha Teruna Kerta Yowana Br. Purwakerta Desa Adat Gerih, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal memperingati HUT ke-27, Minggu (10/9) lalu. Acara HUT ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan dihadiri anggota DPRD Badung Putu alit Yandinata, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Bagus Alit Sucipta, Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Suryajaya beserta Tripika Kecamatan Abiansemal, Perbekel Abiansemal serta tokoh masyarakat bertempat di Balai Banjar Purwakerta, Desa Adat Gerih.

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta mengapresiasi terlaksananya HUT Sekeha Teruna Kerta Yowana. Ini membuktikan bahwa sekeha teruna Banjar Purwakerta tetap bersatu dan mampu mengabdi untuk mendukung pembangunan di banjar maupun desa. “Ke depan kami harapkan sekeha teruna di Badung yang berjumlah 532 sekeha teruna harus bersatu,” tegasnya. Bupati Giri Prasta juga mengapresiasi atas banyaknya kreativitas, baik seni agama mupun sportivitas berolah raga yang dapat dilaksanakan sekeha teruna. Untuk itu segala kebutuhan dalam mendukung kegiatan sekeha teruna akan siap dibantu pemerintah. ”Kami bangga dengan sekeha teruna, apa pun kebutuhan, baik itu kebutuhan akan gong, maupun sarana olah raga kami akan siap membantu,” tambahnya.

Melalui dukungan ini juga diharapkan sekeha teruna dapat melaksanakan kreativitas seni budaya adat dan agama, olah raga, dan ekonomi kerakyatan dengan baik serta terhindar dari kegiatan mabuk-mabukan, geng motor, dan narkoba. Untuk menampung kreativitas seni salah satunya bagi sekaa teruna, saat ini Pemkab Badung tengah membangun Gedung Budaya yang dilengkapi tempat pameran. Panggung ini nanti sebagai tempat pementasan seni, budaya dan musik.

Ketua Sekeha Teruna Kerta Yowana I Wayan Gede Windu Segara mengatakan, program-program yang telah dilaksanakan selama tiga tahun terakhir berdasarkan konsep Tri Hita Karana meliputi program tirta yatra dan mareresik di pura, serta program suka duka. Sementara prestasi yang diraih di bidang olahraga, tahun 2015 menjadi juara KTI Cup, berprestasi dalam ajang Porsenides Abiansemal melalui cabang olah raga bola voli, bulu tangkis dan tenis meja. Selain itu juga meraih juara 1 di bidang seni, melalui lomba macepat dan lainnya. Dalam HUT kali ini dilaksanakan berbagai kegiatan seperti menyiapkan stand-stand untuk memfasilitasi kreativitas pemuda dan krama banjar yang menjadi program unggulan dari pemuda dan banjar. Stand ini guna memperkenalkan produk ekonomi kreatif dan kesenian dari masyarakat, meliputi; kreativitas melukis, kerajinan destas, sanggar seni, modifikasi motor, UKM pembuatan bokor dari barang bekas.

Gede Windu Segara juga diharapkan kepengurusan sekaa teruna yang baru dapat mengemban tugas dengan baik dan mampu melaksanakan program-program positif demi kemajuan sekeha teruna. (ad 1.792)