Tiga Tahun Terkahir, Aset LPD Beringkit Tumbuh Rp 1,9 Miliar

25
Kepala LPD Desa Pakraman Beringkit,  Dewa Made Wiartadana (wid)

Mangupura (Bisnis Bali)- Kebangkitan LPD Desa Pakraman Beringkit dari tahun 2013 menunjukkan, perkembangan yang cukup baik. LPD yang dirintis mulai dari nol ini mampu melaporkan jumlah asetnya telah mencapai Rp 1,9 miliar hingga Desember 2016.

Kepala LPD Desa Pakraman Beringkit, Dewa Made Wiartadana, saat ditemui Jumat (8/9) kemarin, mengatakan, LPD Beringkit mampu berkembang dikarenakan semangat masyarakat yang tinggi untuk membangun kembali LPD-nya. “Kita memang mulai semua dari nol, yang tahap demi tahap kami mampu berkembang hingga seperti saat ini,” katanya.

Saat ini, dijelaskannya, kepercayaan masyarakat desa pakraman setempat terhadap LPD nya mulai terasa. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya permintaan kredit oleh masyarakat. “Kami sampai kewalahan menyarikan dana untuk memenuhi permintaan masyarakat,” ungkapnya.

Dengan demikian, bantuan dana perlindungan yang diberikan oleh LP-LPD kepada LPD Beringkit ini, dikatakannya, sangat membantu. Dengan sistem tanpa bunga dan bebas administrasi tentunya memberi kemudahan bagi LPD yang kesulitan dana dan mau berkembang. Demikian juga dia selalu mengupayakan makin tingginya kepercayaan masyarakat kepada LPD dengan mau untuk terus menaruh dananya di LPD yang akan digunakan menambahkan modal.

Dikatakannya, meskipun saat ini masih ada kredit yang bermasalah, tapi tidaklah signifikan dan masih bisa diatasi. Demikian juga, diakuinya, dukungan Bendesa, Kepala Desa dan pengurus lainnya juga sangat tinggi, terutama masyarakat untuk mengembangkan LPD Desa Pakraman Beringkit kedepannya. (wid)