Teh Kelor Kaya Manfaat untuk Kesehatan

224

Denpasar (Bisnis Bali)- ‪Daun kelor saat ini sedang tren di Amerika, karena hasil penelitian menunjukkan kelor memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Selain dijadikan sayuran yang menyehatkan, daun kelor bisa dijadikan puding, serta teh herbal yang kaya manfaat bagi kesehatan.

‪Selama ini mungkin tidak banyak yang mengetahui manfaat daun kelor. Padahal daun kelor memiliki kandungan gizi  yang baik, sehingga termasuk tanaman apotek hidup. Putu Eka Prasetya pemilik Bali Eka Bali memaparkan, tanaman kelor yang tumbuh subur di lahan kosong atau pekarangan rumah, ternyata sangat banyak manfaat sebagai tanaman obat, sehingga sering dijuluki raja tanaman obat. Saat ini daun kelor makin dilirik karena kaya manfaat untuk kesehatan.

‪”Pada dasarnya tanaman herbal ini mengandung senyawa-senyawa yang menutrisi tubuh. Teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polifenol yang tinggi dan bekerja sebagai antioksidan,” tuturnya. Antioksidan ini akan mendetoksifikasi tubuh manusia dan bahkan mendukung penguatan sistem kekebalan tubuh.  Menurut praktisi herbal ini, daun kelor mengandung zat antioksidan yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan kaya nutrisi.

‪”Cara membuat teh kelor sangat mudah, pertama adalah dengan memilih daun kelor yang segar dan bagus. Daun-daun itu kemudian dijemur atau dipanggang dalam oven dengan suhu tertentu untuk mendapatkan hasil yang bagus, setelah kering teh kelor siap diseduh selama sekitar 3 menit, untuk kemudian diaduk dan disaring,” terangnya.  Selain diminum langsung, teh ini bisa juga ditambahkan madu. Dan khasiat teh kelor dapat dirasakan. Teh Kelor ini banyak ditawarkan oleh pembuat produk herbal dari beragam merk, meski demikian bagi mereka yang ingin membuat sendiri di rumah tentu sangat mudah.

‪Ditambahkan, selain manfaat diatas teh kelor juga dapat digunakan untuk mengontrol berat badan. Karena tren modern saat ini terutama di kalangan perempuan adalah menginginkan tubuh tetap ramping dan langsing. “Bagi mereka yang ingin langsing dapat mencoba cara yang sehat ini, yaitu rutin mengkonsumsi teh kelor,” tukasnya.  Karena studi menunjukkan teh kelor sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan, efeknya merangsang metabolisme sehingga lebih membantu tubuh membakar kalori dengan lebih cepat karena teh kelor juga diserap ke dalam usus.

‪Minum secangkir teh daun kelor setiap pagi, bisa menguatkan bagian tubuh sehingga mampu tetap aktif sepanjang hari. Tubuh akan secara otomatis merasa baik dan berenergi dibandingkan sebelumnya. Karena teh kelor sebagai minuman bergizi untuk seluruh tubuh, teh ini juga memiliki peran penting dalam memelihara kesehatan otak dan mata.

‪”Seduhan teh daun kelor juga membantu fungsi ginjal dan hati. Tubuh akan bugar dan sehat hanya jika fungsi pembuangan limbah berjalan normal,” tandasnya. Selain itu teh kelor juga membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih baik dan rambut terlihat berkilau dengan asupan nutrisi yang tepat. Nutrisi dalam teh ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, sehingga cocok dikonsumsi mereka yang memiliki masalah rambut.(pur)