Wabup Suiasa Serahkan Hibah Rp975 Juta di Desa Adat Semate

27
istPRASASTI - Wabup Suiasa tandatangani prasasti disaat meresmikan Balai Banjar Serangan, Mengwi, Rabu (6/7) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Pada Rabu (6/7) lalu, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri undangan masyarakat Desa Adat Semate, Kelurahan Abianbase dan Banjar Serangan, Desa Mengwi. Di Desa Adat Semate, Wabup Suiasa secara simbolis menyerahkan dana hibah Rp975 juta untuk perbaikan pura di Desa Adat Semate.

Sementara di Mengwi, Wabup Suiasa meresmikan Balai Banjar Serangan yang baru selesai dibangun. Penyerahan hibah di Semate bertepatan dengan pujawali Ratu Gede Dalam, Desa Adat Semate.

Wakil Bupati didampingi Wakil Ketua DPRD Badung Made Sunarta, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Jaya Saputra, Tripika Kecamatan Mengwi, Lurah Abianbase Dewa Rai Wijaya, Bendesa Adat Semate Gede Suryadi dan tokoh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Suiasa melakukan persembahyangan bersama dan menyerahkan dana upacara Rp 25 juta.
Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa menyampaikan bantuan dana hibah yang diberikan kepada Desa Adat Semate dalam rangka mempercepat pembangunan seni, adat, agama dan budaya yang telah menjadi skala prioritas pembangunan di Badung. “Kami harapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dan pelaksanaan perbaikan tembok penyengker, apit surang, piasan pura di Desa Adat Semate dapat berjalan lancar,” katanya.
Kelian Desa Adat Semate Gede Suryadi melaporkan krama Desa Adat Semate terdiri atas satu desa adat dan satu banjar adat dan dinas dengan jumlah 71 KK. Krama Semate nyungsung Pura Khayangan Tiga, Dalem, Desa dan Puseh. “Kami atas nama krama desa mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan Wakil Bupati pada acara pujawali Ratu Gede Dalem, sekaligus penyerahan dana hibah Rp975 juta,” tambahnya.

Adapun tujuan dana ini akan digunakan untuk perbaiki bele piasan Pura Dalem, piasan pura desa, tembok penyengker, bale kulkul, apit surang, bale gong di pura dalem dan dapur yang ada di Banjar Semate.
Sementara saat meresmikan Balai Banjar Serangan, Mengwi, Wabup Suiasa didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan I Bagus Alit Sucipta, Penglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde agung, Camat beserta Tripika Kecamatan Mengwi, perbekel, bendesa adat, kelian adat dan dinas. Pada kesempatan itu, Wabup Suiasa mapunia Rp15 juta.
Bendesa Adat Mengwi IB Anom menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan dan menyatakan kesiapannya untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Badung. (ad 1.771)