Tingkatkan Minat Baca ’’Denpasar Book Fair 2017’’ Bukukan Transaksi Rp 110 Juta Lebih

33

Denpasar (Bisnis Bali)- Menperingati Hari Suci Saraswati, pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar melaksanakan Bazar Buku (Book Fair). Untuk Book Fair 2017, sudah dilaksanakan selama tiga hari di Pedestrian Jalan Kamboja. Kegiatan ini melibatkan 53 peserta dan berbagai lomba. Selama BookFair 2017 membukukan transaksi sebesar Rp 110.379.000. Pencapaian omzet penjualan dibandingkan tahun sebelumnya hampir sama.

Kepala Dinas Perindag Kota Denpasar, Drs. I Wayan Gatra, M.Si., yang didampingi Kabid Perdagangan , I.G.A. Laxmy Saraswaty  baru-baru ini mengatakan Denpasar Book Fair 2017 telah dilaksanakan. Lokasinya di kawasan Pedestrian Jalan Kamboja. Book Fair tersebut dilaksanakan selama tiga hari dengan tema “Spirit Saraswati Cerdaskan Anak Indonesia dalam Keberagaman dan Kebangsaan”. Tema tersebut sebagai cerminan refleksi generasi muda Kota Denpasar terjadap kecintaan dan kebanggaan menjadi anak bangsa Indonesia. Merefleksikan pengetahuan dengan membaca akan menimbulkan suatu inspirasi atau ide kreatif. Diharapkan akan muncul berbagai aksi positif menunjang Denpasar sebagai Kota Cerdas (Smart City). Book Fair juga dirangkaikan dengan kegaiatan hari Suci Saraswati dan peringatan ke-72 tahun Kemerdekaan RI.

Menurutnya event Denpasar BookFair telah menjadi agenda rutin Pemkot Denpasar dalam menggali, melestarikan spirit dan filosofi Hari Suci Saraswati sebagai sumber ilmu pengetahuan. Di mana tiap tahunnya kegiatan book fair ini di tunggu-tunggu dan di nanti-nanti oleh para pelajar, dikarenakan di sini terdapat berbagai macam buku-buku pelajaran maupun buku menarik lainnya yang sangat lengkap dengan harga yang jauh lebih murah mencapai tiga puluh persen (30%) dari harga di toko-toko buku pada umumnya.

Sementara Laxmy Saraswaty  menjelaskan Denpasar Book Fair Tahun 2017 berlangsung dari tanggal 18-20 Agustus yang diisi dengan berbagai kegiatan lomba. Di antaranya ‎Lomba Figure Action tingkat SD. Yang menjadi juara I adalah SD Saraswati 2 Denpasar,  tingkat SMP juara I, SMP N 9 Denpasar dan tingkat SMA juara I diraih SMA Dwijendra Denpasar. ‎Lomba Membaca Puisi tingkat SD juara I, Ni Putu Reanisan Andari Teja, tingkat SMP juara I, Ni Kadek Sumartini, tingkat SMA juara I diraih Agita. ‎Lomba Musikalisasi Puisi pemenangnya SBDA, RUBIK 2, TWK. ‎Lomba membaca dongeng juara I, Made Dian Dhairya Daneswara.  Lomba mewarnai dan menggambar pemenangnya untuk kategori TK juara I, Ni Kd. Maura R Wirata, Kategori SD Kelas 1-3 juara I, Ni PT. Dewi Purnami, Kategori SD Kelas 4-6 juara I, Putu Aditya Pratama. Dan lo‎mbareading Day oleh penerbit Erlangga juara I Komang Sekar Gending Ulangun. ‎

”Dari event ini Pemkot Denpasar terus menggalakkan program Denpasar kreatif lewat gerakan ayo membaca sebagai kebutuhan hidup. Di samping itu juga sebagai salah satu program Denpasar Kreatif berwawasan budaya. Dalam keseimbangan menuju keharmonisan. Guna ikut serta dalam program mencerdaskan kehidupan bangsa melalui gerakan gemar membaca dengan membantu mengembangkan industry penerbitan di Kota Denpasar. Sebagai media komunikasi antara penerbit, pembaca, pengarang dan masyarakat. Serta memberikan apresiasi dan ekspresi kepada siswa-siswi untuk menampilkam inovasi dan kreativitas dengan hiburan yang sehat. (sta)