PERMINTAAN nanas cukup tinggi di pasaran, sehingga buah yang rasanya manis campur asam ini kerap didatangkan dari luar Bali. Permintaan yang tinggi ini karena buah nanas tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan rujak, tetapi dapat diolah menjadi beragam produk seperti selai nanas, keripik, asinan, manisan dan berbagai produk lainnya.

Ni Ketut Pastiniati, Ketua Kelompok Wanita Tani Banjar Mayoan Anyar, Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan menuturkan, selama ini permintaan nanas sangat tinggi biasanya digunakan untuk membuat rujak ataupun jus. Pihaknya tidak melakukan pengolahan buah nanas, karena tidak ada buah yang tersisa dan telah habis terjual. Pihaknya mengaku telah banyak mendapat pelatihan pengolahan nanas dan produk pertanian lainnya yang dihasilkan petani di desa tersebut.

Buah nanas sangat diminati karena kaya zat beta karoten seperti yang terdapat pada wortel, yang membantu penglihatan sehingga harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata. “Pengolahan nanas yang paling mudah memang berupa jus nanas yang dicampur seledri. Jus ini kaya nutrisi dan rasanya juga sangat segar,” tuturnya.

Nutrisi lain yang terdapat dalam nanas adalah vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung zat asam amino untuk membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan. Nanas mengandung serat makanan yang sangat penting dalam menjaga  kesehatan usus. Nanas juga baik untuk menstabilkan tekanan darah, zat mangan  dalam nanas membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat sehingga mengkonsumsi segelas jus nanas setiap hari sangat baik bagi kesehatan.

Nutrisi pada nanas seperti vitamin A, C, tiamin, tembaga, serat dan enzim bromelain. Enzim tersebut diyakini mampu mengurangi masalah lemak yang berlebih pada daerah sekitar perut dan pinggul sehingga sangat baik bagi mereka yang melakukan program diet.

“Selain untuk jus dan rujak, nanas banyak diolah menjadi selai. Selai nanas ini juga kaya nutrisi dan mudah proses pembuatannya,” ucapnya.(pur)