Singaraja (Bisnis Bali) – Kabupaten Buleleng tepatnya di kawasan Pantai Bina Ria Lovina, kembali dikunjungi Kapal Pesiar Star Clipper, Rabu (6/8). Kapal itu tiba di Lovina pukul 12.00 wita membawa ratusan wisatawan dari berbagai negara.

Kapal pesiar yang sudah berlabuh untuk kesekian kalinya di Pantai Lovina ini, tidak hanya menyedot perhatian masyarakat di sekitar juga menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah pelaku pariwisata seperti driver hingga agent travel.

Salah seorang driver freelance I Kadek Suartana, Kamis (7/8) mengatakan, kedatangan kapal pesiar ke Lovina memberikan angin segar bagi pelaku pariwisata. Meski kedatangan turis asing ke Bali Utara hanya satu hari, akan tetapi peluang untuk memperoleh penghasilan lebih menjanjikan. “Dengan adanya kedatangan kapal pesiar ke Pantai Lovina kita sebagai pekerja pariwisata di sini merasa senang, meski hanya sehari saja, akan tetapi kapal pesiar ini turisnya datang sekali itu mencapai ratusan jadi peluang memperoleh penghasilan itu lebih menjanjikan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, salah seorang turis asing berasal dari New York, dengan keterbatasan waktu yang diberikan hanya 4 jam, dirinya memanfaatkan momen yang baik ini untuk memperkenalkan sejumlah destinasi yang ada di Buleleng kepada wisatawan seperti Air Terjun Sekumpul, Objek Wisata Pura Beji dan Objek Wisata Pura Dalem Jagaraga. Ia mengakui, meski kesehariannya cenderung membawa turis asing yang datang dari jalur darat akan tetapi menurutnya wisatawan asing yang datang melalui jalur laut seperti kapal pesiar ini diakuinya lebih berkesan. “Karena kalau hanya mengandalkan kedatangan turis jalur darat saja, kesannya biasa-biasa saja. Semoga kapal pesiarnya sering berlabuh ke Bali Utara,” jelasnya. (ira)