Bangli (Bisnis Bali)- Toya Devasya Natural Hot Spring and Ayurweda SPA yang terletak di Jalan Puri Bening, Toya Bungkah, Batur Kintamani, Kabupaten Bangli berupa menjaga keselarasan alam, dengan menggelar karya balik sumpah dan bakti pekelem di puncak Gunung Batur dan Danau Batur. Upacara ini merupakan wujud syukur atas limpahan kekayaan alam, sehingga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

Pemilik Toya Devasya, I Ketut Mardjana mengatakan, sejak awal berdiri Toya Devasya selalu memikirkan keseimbangan, yang diaplikasikan dengan penerapan Tri Hita Karana. Selain melakukan hubungan baik dengan sesama mahluk hidup dan alam, untuk mengucap syukur terhadap Sang Pencipta, Sang Hyang Widhi Wasa maka digelarnya balik sumpah agung, dan ngaturang bakti pakelem di Puncak Gunung Batur dan Danau Batur. Serangkaian karya digelar pula ngenteg linggih. “Rangkaian upacara ini  kami harapkan mampu mendoakan jagat, utamanya Bali agar tetap aman, tentram dan sejahtera,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, digelar pula upacara Rsi Gana, yang bertujuan membersihkan lingkungan dari energi negatif. Rasa syukur dipersembahkan kehadapan sang pencipta, karena telah diberikan rahmat yang berlimpah, seperti sumber air panas yang berlimpah sehingga kesejahteraan mampu diraih masyarakat sekitar.

Presiden Direktur Toya Group, Putu Astiti Saraswati berharap, upacara ini mampu memberikan semangat baru bagi operasional Toya Devasya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ditambahkan, Toya Devasya yang merupakan pemandian air panas ini tidak hanya menawarkan sejumlah kolam pemandian air panas yang menghadap langsung ke danau Batur, tapi juga menyediakan sejumlah fasilitas lainnya seperti Camping Resort, SPA yang menggunakan bahan – bahan alami, Private Villa dan masih banyak lagi fasilitas pendukung lainnya. Toya Devasya buka dari jam 07:00 – 21:00 untuk kolam air panas. (pur)