Denpasar (Bisnis Bali)- Ditengah kemajuan era teknologi menumbuhkan rasa individu disetiap orang, termasuk lingkungan keluarga. Terlebih lagi adanya perkembangan gadget yang memberikan informasi tanpa batas ini juga menjadi faktor menumbuhkan individualisme. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, terutama dalam menjaga keharmonisan keluarga, yang merupakan bagian terkecil dari suatu bangsa.

Untuk itu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra menekankan, agar tetap melaksanakan komunikasi yang baik di lingkungan keluarga. Mengingat komunikasi merupakan peran utama dalam keharmonisan keluarga. Hal tersebut disampaikannya saat melakukan talkshow, baru-baru ini di Denpasar.

Lebih lanjut Selly menambahkan, sekarang ini kebanyakan komunikasi antara ibu dan ayah dengan anak tidak berjalan selaras. Padahal ketidakselarasan komunikasi berdampak pada perilaku anak di masyarakat. “Kurang harmonisnya komunikasi antara anak dengan orang tua, berdampak pengawasan terhadap perilaku anak di masyarakat. Terlebih lagi sekarang ini pergaulan sangat sulit untuk diawasi,” ujar Selly sambil berharap semua keluarga agar mampu membangun komunikasi yang baik dengan seluruh anggota keluarga.

Ketidakselarasan komunikasi anak dengan kedua orang tua, mengingat adanya perbedaan dunia anak dengan dunia orang dewasa. Untuk itu Ny. Selly berharap, orang tua harus mampu menyesuaikan diri dengan dunia anak, sehingga mereka merasa nyaman saat melakukan komunikasi dengan kedua orang tuanya.

Perkembangan teknologi utamanya gadget menyebabkan anak-anak lebih suka berkomunikasi di dunia maya. Sehingga lebih sering curhat di jejaring sosial tersebut, ketimbang dengan kedua orang tuanya. Hal ini disebabkan juga kedua orang tua sibuk kerja bahkan, ada orang tua sibuk dengan gadget sendiri. “Kita sebagai orang tua jangan hanya berpikir dengan memenuhi kebutuhan yang diinginkan anak sudah dianggap cukup,” ujar‎ Selly. Ada hal-hal lain yang harus mendapat perhatian seperti, melakukan komunikasi yang baik antara anak dan kedua orang tuanya.

Dengan adanya komunikasi dapat membangun hubungan harmonis keluarga dengan keterbukaan. Disamping juga mau membicarakan setiap permasalahan yang dihadapi serta untuk menghargai pendapat orang melalui komunikasi. Melalui komunikasi juga dapat membangun mental dan kepercayaan diri anak dalam mencapai tujuan dan harapan yang diinginkan kemudian hari. (sta)