BUDI DAYA nanas belakangan mulai dilirik masyarakat karena harga nanas, khususnya nanas Bogor, cukup tinggi. Bibit nanas pun mulai banyak ditawarkan, harga bibit pun beragam mulai Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu.

Made Sandiarta, petani Banjar Mayoan Anyar, Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan memaparkan, untuk membuat bibit nanas sebenarnya sangat mudah. “Kalau membuat bibit sebenarnya sangat mudah, cukup dengan mencari mahkota buah yang baik,” ucapnya.

Jadi sebenarnya saat masyarakat membeli buah nanas pilihan yang kualitasnya baik, yang sudah matang dan tidak busuk. “Caranya pisahkan daging buah nanas dengan mahkotanya.  Mahkotanya kita manfaatkan untuk ditanam kembali,” tukasnya.

Pastikan daging buah telah bersih dan sisakan sedikit bonggolnya yang ditandai dengan bulatan warna putih. Daging buah yang tersisa dapat membusuk dan menyebabkan penyakit pada tanaman.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah hilangkan beberapa helai mahkota buah bagian bawah terutama yang terlihat sudah menua. Kemudian cuci bonggol nanas sampai bersih dan terhindar dari lendir yang disebabkan daging buah. Keringkan mahkota dan biarkan mahkota  pada tempat yang terhindar dari sinar matahari kurang lebih seminggu.

“Supaya akar cepat tumbuh, rendam bonggol nanas pada air lalu akar-akar baru akan muncul dalam waktu beberapa hari. Jangan lupa menusuk bonggol  dengan tusuk gigi atau bahan lain sebelum merendamnya dengan air,” tukasnya. Hal ini dilakukan agar mahkota nanas tidak ikut terendam dan membusuk atau mahkota dapat langsung ditanam pada lahan.

Untuk mereka yang ingin menanam di pot juga bisa dilakukan. “Siapkan media tanam terlihat dahulu. Karena nanas memerlukan kondisi tanah yang agak sedikit asam, maka mencampurkan media tanah gembur, pasir dengan perbandingan 3:1,” terangnya. Lalu siapkan pot berukuran sedang dengan lubang drainase di bawahnya.

“Sebelum memasukkan tanah, letakkan batu bata atau arang  pada bagian bawah pot dengan ketinggian sekitar 2-3 cm untuk memperbaiki drainase. Drainase yang kurang baik dapat menyebabkan tanaman cepat busuk,” tuturnya. Setelah itu baru isi pot dengan media tanam yang telah disiapkan. Buatlah lubang di tengahnya untuk menanam mahkota nanas tadi. Tanamlah mahkota nanas dan pastikan bonggolnya tertutupi media tanam.(pur)