Denpasar (Bisnis Bali) – Peningkatan program teknologi di semua bidang terus dilakukan Pemkot Denpasar. Salah satunya menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), serta menjadi langkah percepatan program menuju masyarakat Denpasar yang cerdas, sehat dan berkualitas.

Pada Senin (4/9) lalu, Wali Kota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra bersama Rektor ITB, Prof.Dr.Ir. Kadarsah Suryadi, melakukan kesepakatan kerjasama lewat penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU).

Sebelum penandatanganan MoU dilaksanakan, Wali Kota Rai Mantra didampingi salah satu guru besar ITB, Prof. Dr. Suhono Harso Supangkat, juga berkesempatan meninjau Lab Smart City and Community di Kampus ITB. Semua perencanaan mengenai smart city di Bandung dikerjakan dalam satu Lab tersebut.

Rai Mantra mengatakan, sekarang ini di Kota Denpasar mengikuti suatu proses pemerintahan, yakni pemerintahan itu telah mengalami suatu transformasi di dalam reformasi-reformasi di dalam pemerintahan itu sendiri.

Sejak 2008/2009, Pemkot sudah mengikuti dan sepakat  untuk merubah paradigma di dalam pemerintahannya yang waktu itu pemerintah pusat mengenalkan sistem reformasi birokrasi dengan government, yang pada waktu itu berupa website untuk memperlihatkan sebatas profile sebuah kota. Dari sanalah mulai adanya sebuah transparansi serta akunbilitas dan transaksi-transaksi atau proses secara elektonik seperti, e-bugeting, e-planing dan sebagainya.

Itu merupakan sebuah proses yang harus dilakukan di pemerintahan agar lebih efektif. Untuk itu, perlu adanya sebuah pengetahuan akan smart city dengan tantangan mengubah pola pikir dari pada Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat menjadi orang-orang yang mengetahui tentang teknologi, terutama di pemerintahan. ‎

Lebih lanjut Rai Mantra menegaskan, walaupun demikian smart city juga tidak berpatakon kepada teknologi saja melainkan di semua bidang. Teknologi merupakan suatu yang mendukung dan akurat di dalam memberikan suatu keputusan, dengan sebuah tantangan yang harus dikerjakan ke depannya. Untuk itu kerja sama ini nanti nya akan sangat bermanfaat ke depan nya bagi denpasar, terutama bagi masyarakat. “Saya mengucapkan terimakasih karena ITB sudah bisa berkerja sama dengan Pemkot Denpasar mengenai peningkatan kapasitas Denpasar menuju Kota Smart City di berbagai bidang,” ungkapnya. (sta)