Simpel dan Elegan, Payas Agung Modifikasi cenderung Diminati

40

Jembrana (Bisnis Bali) – Dalam pengantin Bali dikenal ada tiga jenis busana yakni, nista, madya dan utama. Khusus busana dengan jenis utama lebih dikenal dengan payas agung. Meski dibedakan menjadi tiga jenis, namun dari segi tata rias pakaian hingga rias wajah tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan hanya saja yang membedakan hanya bahan yang dan jumlah aksesori yang digunakan. Seperti halnya payas agung, dikalangan jasa tata rias payas agung tentu sudah tidak asing lagi dan cenderung dipilih sebagai payas pasangan pengantin Bali atau upacara agama lainnya.

Namun dewasa ini  seiring dengan kreasi desain yang terus berkembang, kini beberapa pebisnis jasa tata rias menawarkan payas agung dengan modifikasi. Tidak mengurangi nuansa eksotik dan elegant justru payas agung modifikasi lebih diminati. Hal itu diungkapkan Ida Ayu Putu Ngurah Ekawati, ketika di wawancarai Bisnis Bali beberapa waktu lalu.

Menurutnya, payas agung yang dimodifikasi tidak akan menghilangkan kesan elegant pada pengantin wanita, justru diakuinya lebih nyaman karena selain lebih simpel juga tidak terlalu berat ketika di kenakan. “Hampir kebanyakan mereka suka payas agung yang modifikasi karena simpel dan tidak terlalu berat terutama dibagian kepala,”ungkapnya.  (ira)