BPR harus Bekerja Sama dengan ”Fintech”

42

Mangupura (Bisnis Bali) – Implementasi penerapan financial technology (fintech) menggarap pasar tersendiri. Ketua Perbarindo Korcam Mengwi, IGW Dwisandita, Senin (4/9) mengatakan, agar eksis dalam persaingan, bank perkreditan rakyat (BPR) harus bekerja sama dengan fintech.

Direktur Utama BPR Sapta Cristy Utama ini mengatakan, fintech merupakan sarana atau media transaksi. Ini menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat selaku nasabah untuk mendapatkan layanan keuangan.

Ia menjelaskan, fintech merupakan “bank mini”  khususnya bagi nasabah penggunanya. Sebaiknya BPR melakukan kerja sama dengan perusahaan pengguna fintech.

Ditegaskannya, BPR wajib bekerja sama dengan perusahaan atau lembaga  di bidang keuangan yang menggunakan fintech. Hal ini agar BPR tidak tergilas oleh keberadaan perusahaan pengguna fintech. Diakuinya, perusahaan fintech ini memang menyasar pasar tertentu. Tidak tertutup kemungkinan, fintech ini akan menyentuh pasar yang selama ini digarap BPR. “Untuk tetap eksis menggarap sektor mikro, BPR harus bekerja sama semua lembaga keuangan mikro (LKM) termasuk fintech,” katanya. (kup)